5 Cara agar Salad Kentang Terasa Sempurna

Lifepod.id - Salad kentang bisa jadi pilihan Anda untuk mengolah hidangan sehat dengan mudah. Perpaduan antara kentang lembut dan daging panggang ditambah sayur renyah yang disajikan dengan saus mayo bisa jadi menu sehat favorit Anda.

5 Cara agar Salad Kentang Terasa Sempurna
image by Pixabay


Nah dibawah adalah tips agar olahan salad kentang yang Anda buat terasa lebih sempurna sempurna :

1. Waktu Perebusan Kentang
Hal ini tentu menjadi selera pribadi masing-masing. Jika Anda menyukai tekstur kentang yang sedikit lembut saat digigit, maka perebusan bisa dilakukan dengan waktu agak  lama. Begitupun sebaliknya jika anda Anda menyukai tekstur yang sedikit keras maka waktu merebusnya menyesuaikan dengan tekstur yang Anda inginkan.
Catatan : Untuk mengetahui tekstur kentang Anda bisa menusuk kentang dengan garpu saat perebusan

2. Bumbui air rebusan
Saat merebus kentang, gunakan air yang telah dibumbui sehingga air rebusan bisa terserap merata di kentangnya. Hal ini akan menjadikan kentang yang akan dijadikan salad tidak hanya terasa hambar.

3. Jangan merebus kentang saat air rebusan masih dingin
Kentang yang direbus langsung tanpa menunggu air rebusan mendidih, memugkinkan kentang tidak memiliki tekstur yang sama. Tekstur luarnya akan lembek namun di bagian dalamnya akan terasa lebih keras.

4. Potong Kentang dengan bagian yang sama besar.
Hal ini akan memberikan tekstur kentang yang konsisten setelah proses perebusan. Jika Anda memotong kentang dengan besar yang bervariasi maka nantinya akan ada beberapa kentang yang terlalu lembek atau keras.

5. Sajikan pada waktu yang tepat
Jika Anda menyajikan salad kentang Anda dengan mayones maka tunggu kentang menjadi dingin dulu. Hall ini untuk menghindari mayones meleleh menjadikan bhidangan milik Anda berminyak karena suhu kentang yang masih tinggi.
Namun, jika Anda menyajikannya dengan saus berbahan cuka, maka sebaiknya saat kentang masih hangat Anda mencampurnya dulu agar saus bisa meresap ke dalam kentangnya.