5 Jenis Makanan Pengganti Karbohidrat Nasi untuk Diet

<b>Lifepod.id</b> - Karbohidrat dibutuhkan oleh tubuh manusia sebagai sumber tenaga untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

5 Jenis Makanan Pengganti Karbohidrat Nasi untuk Diet

Sumber karbohidrat yang paling banyak dikonsumsi saat ini adalah nasi. Namun begitu mengkonsumsi nasi secara berlebihan juga tidak baik bagi tubuh karena dapat menyebabkan diabetes dan berat badan berlebih (obesitas). 

Ada beberapa makanan yang bisa dijadikan pengganti makanan pokok yang lebih sehat nasi khususnya bagi orang yang sedang ingin menurunkan berat badan atau mengurangi kadar gula dalam tubuh. Berikut penjelasannya:

1. Kentang

Kentang dapat dijadikan sumber karbohidrat pengganti nasi. Selain itu kentang juga baik bagi Anda yang sedang melakukan program diet karena mengandung pati resisten yang dapat membantu menurunkan berat badan.. 
Namun perlu diingat bahwa mengkonsumsi kentang yang baik adalah dengan cara direbus atau dikukus bukan digoreng. Kentang yang digoreng akan mengandung minyak yang malah menambah asupan lemak pada tubuh. 

2. Beras Merah 

Beras merah memiliki kandungan dan rasa yang hampir sama dengan nasi, hanya saja pada beras merah memiliki kandungan gula yang lebih rendah. Ini cocok bagi mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan.
Kebaikan beras merah lainnya adalah mengandung vitamin B6 juga zat besi yang dapat memperlancar produksi sel darah merah. Beras merah juga mengandung sifat antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas.

3. Ubi

Ubi menjadi makanan favorit bagi masyarakat Indonesia. Selain menyehatkan, ubi juga dapat dikonsumsi secara rutin tanpa khawatir efek samping. 
Sebagai pengganti karbohidrat nasi ubi yang menyehatkan dikonsumsi dengan cara dikukus, dipanggang atau direbus. Ubi sendiri juga mengandung beta karoten yang membantu menjaga kesehatan tubuh dan kalium yang menutrisi tulang agar kuat.

4. Jagung

Banyak wilayah di Indonesia yang menggantikan nasi dengan jagung sebagai makanan pokoknya. jagung mengandung banyak vitamin C, vitamin A, dan antioksidan yang membantu menyehatkan tubuh. 
Untuk mendapatkan manfaat baik pada jagung usahakan mengkonsumsi jagung yang masih dalam keadaan segar, bukan jagung kaleng atau jagung beku.

5. Oatmeal

Oatmeal merrupakan makanan olahan terbuat dari gandum utuh yang kaya karbohidrat dan serat yang menyehatkan tubuh sebagai pengganti nasi
Oatmeal biasanya disajikan ketika sarapan pagi. Biasanya oatmeal ini disajikan dengan campuran yoghurt dan buah-buahan untuk menambah citarasa dan asupan nutrisi ke tubuh. 

Baca Juga : Resep Smoothie yang Wajib di Coba!

Baca Juga : Resep Egg Avocado Toast Untuk Anda yang Sering Telat Makan Siang Karena Terlalu Sibuk