6 Kesalahan yang Tak Disadari Selama Pakai Masker, Apa Saja?

Lifepod.id - Salah satu protokol kesehatan yang harus dipatuhi adalah memakai masker untuk pencegahan virus COVID-19 menyebar. Penggunaannya pun tidak bisa sembarangan, lho.

6 Kesalahan yang Tak Disadari Selama Pakai Masker, Apa Saja?
Img. Kesalahan penggunaan masker yang sering dilakukan selama pandemi COVID-19 berlangsung | Pixabay

 

Banyak aspek yang harus diperhatikan dalam pemilihan masker, mulai dari bahan, jenius, hingga cara penggunaannya harus tepat dan diperhatikan dengan baik. Jika tidak virus bisa masuk dengan mudah ke tubuh kita.

Dengan pemakaian masker yang tepat bisa efektif untuk mencegah penularan COVID-19 Bila asal-asalan memakai masker justru hanya akan jadi hiasan semata.

Nah, berikut Lifepod rangkumkan 6 kesalahan memakai masker yang masih sering dijumpai di tengah pandemi selama ini.

 

1. Masker yang terlalu longgar

Ukuran masker haruslah pas dengan wajah, juga termasuk tali masker. Masker yang terlalu longgar alias ‘melorot’ memungkinkan banyak udara termasuk airborne masuk ke dalamnya.

Jika ini terjadi, penggunaan masker akan percuma saja karena tidak menutupi area hidung dan mulut sepenuhnya. Nah, penting untuk memastikan lebar masker dan tali sesuai dengan wajah kita.

 

2. Menarik masker turun ke bawah dagu

Biasanya saat ingin makan atau berbicara kepada orang lain seringkali masker ditarik ke bawah dagu. Padahal area dagu dan leher bisa saja terkontaminasi oleh bakteri.

Setelah itu, kamu memakai masker itu lagi ke area mulut dan hidung. Virus berpindah dari dagu dan menempel pada hidung. Ingat, virus COVID-19 bisa saja masuk dan menginfeksi rongga hidungmu.

 

Baca juga: Tips Dan Trik Atasi Jerawat Akibat Masker

 

3. Memakai masker dengan terbaik

Masker non-medis yang punya dua sisi harap perhatikan posisi bagian luar dan dalamnya, ya. Gunakan masker dengan ketentuan yang benar.

Bagian luar masker dirancang untuk menyaring virus yang masuk, sedangkan sisi dalam yang bersentuhan langsung dengan kulit wajah biasanya berwarna putih.

Bayangkan saja kalau salah memakai masker, area yang harusnya berada diluar malah berkontak langsung dengan kulit kamu. Bisa saja virus akan berpindah dan menempel dengan kulit, bukan?

 

4. Salah memilih bahan masker

Pemerintah telah menetapkan pelarangan masker berbahan scuba atau buff. Keputusan ini dikarenakan tidak efektif untuk memfilter udara.

Efektivitas masker scuba sangatlah rendah, 0-5 persen saja untuk mencegah penularan virus corona. Untuk itu. pastikan gunakan masker dengan standar yang ada.

 

5. Jarang mencuci dan mengganti masker

Masker merupakan tempat kuman dan bakteri berkumpul. sangatlah penting untuk menjaga masker tetap steril dengan rutin mencuci masker yang telah digunakan.

Disarankan untuk mencuci masker setelah dipakai dan menggantinya dengan masker yang baru. Utamakan kebersihan masker juga agar efektif menangkal virus.

 

6. Terlalu sering menyentuh masker

Bila kamu ingin mengganti atau melepas masker, usahakan jangan menyentuh permukaan luar masker. Tanganmu bisa terkontaminasi virus yang menempel.

Untuk itu, alternatif yang bisa dilakukan adalah melepas masker dengan memegang tali pengait, bukan pada permukaan maskernya. Karena ketika kamu menyentuh area luar masker, kamu bisa menyebarkan virus ke area lainnya.

 

Baca juga: Tips Ampuh Agar Tidak Stress Saat PSBB