Apple vs Meta dari VR hingga Smart Home lebih Unggul Mana?

Lifepod.id - Persaingan antara dua raksasa Silicon Valley seperti Apple dan Meta diketahui telah berlangsung dari lama. Pada awalnya, Apple vs Meta hanya bersaing di segmen pengembangan privasi saja, namun kini akan berlanjut ke segmen lain.

Apple vs Meta dari VR hingga Smart Home lebih Unggul Mana?

Rumor tersebut dibocorkan oleh Mark Gurman, jurnalis teknologi Bloomberg. Sebagai informasi, Mark Gurman diketahui sering membagikan berbagai macam informasi soal Apple. Kini terbaru, Mark Gurman lewat tulisan Power On di majalah Bloomberg mengatakan bahwa Apple dan Meta akan bersaing lagi di segmen kompetisi lain.

Kompetisi Apple vs Meta akan kembali terjadi di segmen Augmented Reality (AR)

Berdasarkan keterangan dari Mark Gurman, kompetisi Apple vs Meta akan kembali terjadi di segmen Augmented Reality (AR).

Dilansir dari Apple Insider, Apple vs Meta akan bersaing dalam mengembangkan perangkat Headset AR.

Headset AR dari Meta sendiri akan diberi nama Project Cambria, sedangkan Headset AR Apple masih belum memiliki nama.

Project Meta

Project Apple

Apple diprediksi akan melabeli Headset AR mereka dengan harga yang fantastis, menurut rumor yang beredar. Bahkan kemungkinan, harganya bisa jauh lebih mahal dari Project Cambria garapan Meta.

Seorang analisi Ming-Chi Kuo mengungkapkan bahwa Apple kemungkinan akan meluncurkan perangkat tersebut tahun depan. Beberapa laporan mengklaim bahwa headset ini dapat dihargai USD 3.000 atau setara IDR 42,7 juta lebih.

Kompetisi antara Apple vs Meta juga akan terjadi di bagian Smartwatch

Di tulisan yang sama Mark Gurman menuliskan bahwa kompetisi Apple vs Meta tidak hanya sebatas soal pengembangan perangkat AR saja, namu di segmen selain perangkat AR juga akan terjadi. Sebagaimana diketahui, Apple dengan Apple Watch juga telah berkecimpung di dunia Smartwatch sejak beberapa tahun lalu.

Meta yang tidak ingin ketinggalan digadang gadang tengah mengembangkan Smartwatch buatan mereka sendiri. Sama halnya Apple Watch, Smartwatch Meta akan berfokus dalam menghadirkan sejumlah fitur komunikasi terkini dan kesehatan.

Di sisi lain Gurman juga percaya bahwa Apple sedang serius dalam bisnis Smart Home. Dengan Apple dikabarkan sedang mengerjakan set-top box gabungan dengan speaker built-in, serta perangkat yang mirip dengan Portal atau Amazon Echo Show yang diharapkan hasil akhirnya adalah Apple dan Meta kemungkinan menuju ke sisi ‘collision course’ atau pasar teknologi secara bersama.

Patut ditunggu apakah laporan yang disampaikan oleh Mark Gurman benar adanya. 

Sebagai konsumen antara Apple vs Meta akan berdampak baik dalam menyediakan variasi opsi atau pilihan.

Serta, kompetisi antar dua perusahaan raksasa itu akan memberikan dampak positif dalam hal perkembangan teknologi.

Baca Juga: