Asyik! Spotify Tambah Fitur Video untuk Podcast

Lifepod.id - Spotify meluncurkan fitur video untuk memungkinkan pembawa konten podcast menambahkan tayangan video juga ke dalam aplikasi streaming musik tersebut.

Asyik! Spotify Tambah Fitur Video untuk <i>Podcast</i>
Img. Spotify di ponsel versi mobile | Pixabay

 

Dikutip dari The Verge, fitur video ini akan tersedia di Spotify versi desktop dan juga mobile. Saat ini, baru beberapa podcasters saja yang bisa mencicipi fitur ini. Kebanyakan dari mereka juga belum bisa mengunggah rekaman yang mereka ambil sendiri.

Video podcast ini akan langsung mulai saat pendengar menekan tombol mulai dan langsung menyesuaikan dengan audionya, jadi saat seseorang keluar dari aplikasi atau mengunci layar saat menontonnya, audionya tetap akan berjalan.

Bulan Mei lalu, Spotify sempat mengumumkan kesepakatan lisensi eksklusif mereka dengan Joe Rogan. Joe merupakan salah satu podcasters populer di dunia, bahkan dia merilis versi video dari podcastnya di kanal YouTube.

 

 

Bahkan, Spotify juga menggandeng Kim Kardashian West untuk menjadi mitranya sekaligus menambah jumlah katalog podcastnya.

Maka dari itu, Spotify berupaya mengembangkan aplikasinya lebih lanjut dan baru mengujicobakan fitur podcast video ini dengan dua bintang YouTube: Zane Hijazi dan Heath Hussar, pembawa acara Zane and Heath: Unfiltered.

 

 

Fitur video podcast ini bisa digunakan pengguna, baik premium maupun non-premium, untuk menonton video dari pembuat konten, seperti Book of Basketball 2.0, The Rooster Teeth Podcast, dan The Morning Toast.

 

Baca juga: Kabar Gembira! Kini Satu Akun Premium Spotify Bisa Dipakai Berdua

 

Pengembangan fitur ini sebagai bukti nyata keinginan Spotify untuk menjadi “Netflix”-nya konten audio. Persaingannya dengan Youtube di dunia podcasting semakin gencar saja.

Spotify telah memiliki setidaknya lebih dari 286 juta pengguna bulanan di platform miliknya. Perusahaan layanan musik tersebut juga menambahkan ruang untuk podcast disana.

Meskipun ada pembaruan dengan fitur video podcast, ada dugaan podcasters tetap akan mengunggah video podcast mereka di YouTube sebab bisa mendapatkan keuntungan dari iklan yang disisipkan Google.

Tetapi dilain sisi bila menggunakan Spotify, podcasters bisa melebarkan sayap lebih tinggi lagi sebab bisa menjangkau lebih banyak pendengar setia dari aplikasi streaming tersebut.

 

Baca juga: Cara Menampilkan Lirik Sinkron di Spotify