Cara Pakai Mode Gelap di Aplikasi Google Android

Lifepod.id - Fitur mode gelap akhirnya bisa dipakai di aplikasi produktivitas buatan Google, seperti Docs, Sheets, dan Slides di Android. Mau tau caranya?

Cara Pakai Mode Gelap di Aplikasi Google Android
Img. Fitur mode gelap aplikasi keluaran Google | The Verge

Kehadiran dark mode menjadi primadona sebab dinilai lebih nyaman saat melihat layar, apalagi saat berada di ruangan minim cahaya.

Google juga mengklaim fitur dark mode ini mampu menghemat penggunaan baterai pada perangkatnya.

Bagaimana cara mengaturnya di aplikasi tersebut? Caranya seperti ini:

  1. Pertama, buka terlebih dulu aplikasinya (Docs, Sheets, atau Slides).
  2. Tekan pada ikon menu berbentuk garis “hamburger” dibagian atas kiri aplikasi.
  3. Pilih “Setting/Pengaturan”
  4. Dibagian atas halaman, terdapat tulisan “Choose theme/Pilih Tema”, lalu klik.
  5. Terdapat tiga pilihan yang tersedia, “Dark” untuk mode gelap, “Light” untuk tampilan warna putih, dan “System default” yaitu pengaturan sistem.

Apabila mengaktifkan mode gelap dan ingin melihat dokumen dengan mode terang sementara (misalnya, tulisan dilihat lebih nyaman dengan tampilan biaya), bisa diatur dengan cara:

  1. Tekan logo tiga titik di bagian atas kanan layar.
  2. Tekan “View in light theme/Lihat dengan tema terang”. Dan jika ingin kembali ke mode gelap, bisa mengulangi langkah ini.

Catatan yang perlu diperhatikan, jika mengatur aplikasi tetap di mode terang atau pengaturan sistem, opsi diatas tidak tersedia--hanya bisa dilakukan di mode gelap.

Saat ini fitur mode gelap Docs, Sheets, dan Slides baru tersedia di perangkat Android 10 atau yang lebih baru diatasnya. Google belum memastikan lebih lanjut kapan pengguna iOS dan PC dapat mengaplikasikannya juga.[]

 

Baca juga: Asyik, Google Maps Akan Tambah Fitur Untuk Pesepeda