Daftar Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia, Ada Indonesia!

Lifepod.id - Sejumlah negara masuk deretan penghasil kopi terbesar dunia. Dalam daftar tersebut, terdapat Indonesia yang berada di posisi ketiga sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia.

Daftar Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia, Ada Indonesia!
Foto: Unsplash/Mike Kenneally

Kopi memiliki banyak jenis yang dihasilkan dari berbagai negara di dunia.

Dalam data Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) tahun 2020, dilansir dari CNN, terdapat lebih dari 70 negara di dunia yang jadi produsen kopi. 

Tapi, hanya ada beberapa negara yang jadi produsen kopi terbesar di dunia, salah satunya Indonesia.

Berikut Daftar Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia.

1. Brasil

Memiliki luas perkebunan kopi sekitar 27 ribu kilometer persegi, Brasil menjadi nomor satu dalam memproduksi kopi yang tersebar di beberapa daerah seperti Sao Paulo, Parana, dan Minas Gerais.

Produksi kopi mereka pada 2020 capai 63,4 juta karung berukuran 60 kilogram. Brasil juga punya Teknik pengolahan kopi yang berbeda dibanding dengan produsen kopi lainnya, yakni kopi dikeringkan di bawah sinar matahari langsung tanpa proses pencucian terlebih dulu, inilah yang jadi ciri khas cita rasa Kopi Brasil.

2. Vietnam

Urutan kedua ada Vietnam, yang juga jadi produsen kopi unggulan. Pada 2020, Vietnam menghasilkan 29 juta karung kopi. Tiap tahun produksi kopi meningkat dengan yang paling banyak dihasilkan yakni jenis kopi robusta.

Bahkan, Vietnam jadi produsen kopi robusta nomor satu di dunia dengan produksi globalnya mencapai 40 persen pada periode 2019-2020. Mungkin jika GenLife sering menemui sajian kopi Vietnam drip, sajian tersebut juga kerap diracik dengan kopi robusta yang ditambah susu kental manis.

3. Indonesia

Urutan ketiga ada Indonesia yang berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), telah memproduksi 774,60 ribu ton atau 11,95 juta karung pada 2020. Selain itu, Indonesia juga disebut sebagai negara pengekspor kopi terbesar, dengan tujuan ekspor ke Amerika Serikat, Jepang, Spanyol, dan lain-lain.

Provinsi yang jadi penyumbang produksi kopi terbesar di Indonesia yakni Sumatera Selatan, tempat itu menghasilkan 201,40 ribu ton sepanjang 2021.

4. Uganda

Benua Afrika juga ternyata memiliki negara produsen kopi yang cukup besar, adalah Uganda. Negara ini memproduksi kopi sebanyak 6,1 juta karung. Tingginya produksi kopi di Uganda berbanding lurus karena banyaknya jumlah petani kopi di sini.

Jumlahnya cukup banyak, yakni terdapat 1,7 juta petani kopi di Uganda yang cukup aktif memproduksi kopi. Menurut Organisasi Kopi Internasional, petani kopi Uganda terbesar kedua di dunia setelah Ethiopia.

5. Meksiko

Selain dikenal dengan konsumen kopi yang besar, Meksiko juga memiliki produksi kopi yang terbilang tinggi.

Terbukti negara tersebut berada di urutan ke-5, yakni menghasilkan 4 juta karung kopi sepanjang 2020. Tingginya produksi berjalan lurus dengan tingginya konsumsi di negeri ini. Bahkan, Organisasi Kopi Dunia pada 2019 menempatkan negara ini di posisi keempat negara terbesar konsumsi kopi.

Sumber: [1]

Baca Berita dan Artikel yang lain :

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow

abelino Content writer lifepod.id