Destinasi Wisata DIY Tetap Buka Selama Libur Nataru, Dispar Sebut Ada Pengetatan Aturan

Lifepod.id - Destinasi wisata di Yogyakarta tetap beroperasi saat libur Natal dan Tahun Baru 2022 bersamaan dengan Pemerintah Pusat yang akan memberlakukan penerapan PPKM Level 3.

Destinasi Wisata DIY Tetap Buka Selama Libur Nataru, Dispar Sebut Ada Pengetatan Aturan
instagram.com/hehaskyview

Dilansir Antara, Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, SInggih Raharjo seusai pembukaan Jogja International Travel Mart (JITM) di Yogyakarta pada Selasa (23/11) mengatakan, “ Kemarin saya mendengar dari kebijakan (rencana PPKM Level 3) tersebut salah satunya adalah tempat wisata tetap dibuka, tidak ada penutupan, ”

Singgih menambahkan, pengetatan yang akan dilakukan selama masa libur akhir tahun adalah pembatasan pengunjung dan peningkatan implementasi protokol kesehatan serta penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

Meski demikian, Dispar DIY masih akan menunggu detail aturan kebijakan PPKM Level 3 yang akan tertuang dalam instruksi Mendagri yang kemudian ditindaklanjuti dengan instruksi gubernur. 

Untuk memastikan prokes serta penggunaan aplikasi PeduliLindungi diterapkan oleh pelaku bisnis pariwisata maupun wisatawan, Singgih menuturkan akan melakukan motironing dengan menggandeng dispar di kabupaten/kota beserta seluruh asosiasi pariwisata.

Rencana pemberlakuan PPKM Level 3 tidak lain adalah untuk menekan laju penularan COvid-19 yang dikhawatirkan melonjak saat momentum libur akhir tahun.

Sementara kapasitas tamu hotel, Singgih belum dapat memastikan tetap dibatasi 70 persen seperti yang berlaku selama PPKM Level 2 atau akan berubah di 50 persen, pihaknya masih menunggu kebijakan dari pusat.

Baca Juga :