Facebook Rilis Fiitur Shops di WhatsApp Business

<b> Lifepod.id </b> - Facebook berencana merilis fitur “Shops” ke Whatsapp seperti Instagram. Kini saatnya memberdayakan aplikasi pesan instan yang diakuisisinya senilai USD 19 miliar. Salah satunya adalah menghadirkan fitur e-commerce di Whatsapp Business.

Facebook Rilis Fiitur Shops di WhatsApp Business

 

Fitur ini akan diluncurkan di beberapa negara dan ke Facebook Marketplace di Amerika Serikat. Namun tidak diungkap negara mana saja yang akan kebagian fitur belanja lewat foto itu. Hal ini diungkap Facebook dalam pengumuman Selasa (22/6).

Facebook sendiri hadirkan Whatsapp agar pemilik usaha seperti UMKM dapat menampilkan tokonya secara virtual dengan lebih lengkap, berikan informasi tambahan seperti jam operasional, toko dan lainnya dalam profil. Kali ini, Whatsapp Business kedatangan fitur baru yaitu Keranjang Belanja bakal permudah proses pemesanan dan penjualan dalam aplikasi.

CEO Facebook Mark Zuckerberg menyebut fitur Shop juga akan ditambah dengan iklan yang bisa dipersonalisasi sesuai dengan kebiasaan berbelanja pengguna. 

Shops sendiri diluncurkan Facebook tahun lalu untuk membuat pengguna lebih mudah berbelanja di Facebook dan Instagram. Langkah ini merupakan bagian dari cara Facebook mendorong layanan e-commerce di mereka.

Pada rilis pendapatan terakhir Facebook, Zuck menyebut e-commerce akan menjadi salah satu area fokus Facebook, selain augmented dan virtual reality, serta membantu pembuat konten mendapat uang di platform Facebook. Facebook saat ini menyebut saat ini terdapat lebih dari 300 juta pengunjung bulanan Shops dan sekitar 1,2 juta pengguna aktif Shops.

Melansir Reuters, pengguna bisa melakukan pencarian dari konten foto yang ada di Instagram atau foto yang ada di ponsel mereka.

Facebook juga sedang mengembangkan augmented reality (AR) sehingga pengguna bisa mencoba produk yang dijual, termasuk produk yang diiklankan di layanan itu.

 

Baca juga: Sudah Tersedia di Indonesia, Ini Cara Buat Instagram Music di Stories