Fitur Terbaru Telegram: Voice Chat Layaknya Discord

Lifepod.id - Telegram menambahkan fitur terbarunya yaitu obrolan suara grup baru yang menyerupai dengan ruang Discord yang selalu aktif. 

Fitur Terbaru Telegram: Voice Chat Layaknya Discord

 

Telegram dalam keterangan pers, dikutip Selasa(05/01), mengklaim fitur Voice Chat dalam grup bisa digunakan oleh ribuan partisipan dari lokasi mana pun.

Agar bisa melakukan panggilan Voice Chat, administrator grup harus mengaktifkan fitur ini lewat profil grup. Fitur tersebut dapat ditemukan di bagian atas obrolan grup yang jika diaktifkan, memungkinkan siapa saja untuk bergabung dalam percakapan dengan bebas.

Bagi peserta yang ingin ikut Voice Chat bisa mengetuk menu "Join" di bagian bawah nama grup. Selain berkirim pesan suara, pengguna bisa mengirim teks hingga stiker di dalam grup tersebut.

Pada Telegram versi desktop untuk Windows dan Mac, Anda juga dapat menggunakan tombol push-to-talk untuk obrolan suara guna mengontrol input mikrofon Anda.

Telegram juga dilengkapi dengan fitur Voice Chat Overlay sehingga pengguna bisa tetap beraktivitas seperti membuka aplikasi lainnya, namun, tetap terhubung ke Voice Chat.

Fitur Voice Chat ini tersedia untuk aplikasi mobile, versi desktop dan aplikasi di macOS.

Selain fitur Voice Chat, Telegram juga mengizinkan penyimpanan pada kartu memori untuk pengguna Android. Telegram versi Android juga memiliki animasi baru dan bisa memuat stiker lebih cepat.

Saat ini obrolan suara grup difokuskan pada audio, tetapi Telegram mengatakan akan menambahkan fitur berbagi video dan layar dalam beberapa minggu mendatang. 

Di samping opsi obrolan suara grup, CEO Telegram Pavel Durov mengungkapkan bahwa layanan tersebut telah menjangkau 500 juta pengguna. Telegram sekarang berencana untuk memonetisasi layanannya dengan platform iklan yang dirancang untuk satu-ke-banyak saluran publik.

Durov mendeskripsikan platform tersebut sebagai "platform yang ramah pengguna, menghormati privasi dan memungkinkan Telegram mengurangi biaya server dan lalu lintas.

 

Baca juga: Netflix Tambahkan Mode Hanya Audio ke Aplikasi Android-nya

Baca juga: Google dan Facebook Dituntut Karena Akses Data Pribadi di WhatsApp?