Flu Babi Baru di China Berpotensi Jadi Pandemi Lagi

Lifepod.id - Diberitakan dari kantor berita asal Prancis yang mengabarkan bahwa saat ini, China tengah dihadapkan lagi pada persoalan jenis flu babi baru yang berpotensi menyebabkan pandemi. Flu jenis ini merupakan turunan genetik dari H1N1 yang sebelumnya telah menjadi pandemi pada tahun 2009. Flu ini diberi nama “G4”.

Flu Babi Baru di China Berpotensi Jadi Pandemi Lagi

Para ilmuwan di beberapa universitas serta Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China memaparkan bahwa jenis penyakit ini memiliki semua tanda-tanda penting yang sangat mampu menular kepada manusia.

Baca Juga : Hasil Percobaan Obat HIV Untuk Mengobati Covid-19

Untuk memungkinkan penngidentifikasian 179 virus pada babi maka pada tahun 2011 sampai 2018 mereka melakukan penelitian dengan mengambil 30 ribu sampel cairan dari hidung babi-babi di rumah jagal di 10 provinsi China. Dari penelitian ini dapat diketahui jika kebanyakan virus jenis baru ditemukan lebih dominan pada ternak babi sejak 2016.

Langkah selanjutnya yang diambil oleh para peneliti di China tersebut adalah mengujicobakan virus pada hewan. Dari hasil pengamatan dapat diambil kesimpulan bahwa G4 sangat menular dan dapat dengan mudah melakukan replikasi pada sel manusia yang sealanjutnya dapat menyebabkan timbulnya gejala yang lebih parah dibandingkan dengan virus yang telah dilakukan penelitian sebelumnya.

Hasil dari percobaan itu juga menunjukkan bahwa kekebalan tubuh yang dimiliki manusia dari flu musiman tidak bisa melindunginya dari G4.

Hasil yang didapat dari tes darah kepada para pekerja peternakan yang sudah terinfeksi menunjukkan akibat dari pemaparan ini yaitu tumbuhnya antibodi yang sebesar 10,4 persen.

Ditunjukkan juga dari uji ini bahwa 4,4 persen dari populasi umum sepertinya juga sudah terpapa oleh G4 ini.