Ini Dia 5 Sekolah Kedinasan Indonesia Terbaik dan Terfavorit pada 2021

Lifepod.id - Selain menempuh pendidikan di universitas baik itu negeri maupun swasta, pilihan lain yang bisa dipilih adalah perguruan tinggi yang memiliki ikatan dengan lembaga pemerintah. Banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh calon mahasiswa apabila memilih melanjutkan pendidikan disini.

Ini Dia 5 Sekolah Kedinasan Indonesia Terbaik dan Terfavorit pada 2021
Img. Daftar sekolah kedinasan terbaik dan menjadi incaran di Indonesia tahun 2021 | Antara/Raisan Al Farisi

 

Sebagai informasi sekolah kedinasan ialah perguruan tinggi kedinasan yang didirikan dan dikelola oleh lembaga pemerintah. Peserta yang ingin mendaftar ke sana harus melalui tahapan-tahapan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Contoh lembaga yang memiliki sekolah kedinasan antara lain Kementerian Perhubungan, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, dan banyak lagi,

 

1. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)

Berkaitan dengan keuangan, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) berada dibawah naungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan menyelenggarakan program studi diploma.

Dalam STAN selama pendidikan berlangsung, mahasiswa baru tidak dipungut biaya dan tidak ada asrama.

Agar bisa masuk ditempatkan di instansi Kemenkeu atau lainnya, lulusan dari instansi ini harus mengikuti ujian seleksi CPNS.

Daftar Jurusan STAN, antara lain:

  • Diploma III / IV Akuntansi
  • Diploma I / III Pajak
  • Diploma III Penilai / Pajak Bumi dan Bangunan
  • Diploma I / III Kepabeanan dan Cukai
  • Diploma I / III Kebendaharaan Negara
  • Diploma III Manajemen Aset

Program studi STAN non-reguler:

  • Diploma IV Akuntansi (Tugas Belajar)
  • Diploma III Akuntansi dengan Kurikulum Khusus
  • Diploma III Pajak dengan Kurikulum Khusus

 

2. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

Politeknik Statistika STIS merupakan perguruan tinggi kedinasan diploma yang dikelola oleh Badan Pusat Statistis (BPS). Dalam perguruan ini, tersedia jurusan Statistika dan Komputasi Statistika.

Lulusan dari STIS akan mendapat gelar D4 Statistik dan berpotensi untuk menjadi pegawai negeri sipil di kementerian, instansi, hingga lembaga-lembaga di daerah.

Lulusan dari Politeknik Statistika STIS akan mendapat gelar S. ST. (Sarjana Sains Terapan).

 

3. Akademi Militer (AKMIL)

Akademi Militer merupakan sekolah pendidikan TNI Angkatan Darat yang lulusannya akan mendapat D4 Pertahanan alias S. ST. Han. Tak hanya itu, lulusan akan mendapat pangkat Letnan Dua.

Di dalam perguruan tinggi ini tersedia lima jurusan, yaitu Manajemen Pertahanan, Administrasi Pertanahan, Teknik Elektronika Pertahanan, Teknik Sipil Pertahanan, dan Teknik Mesin Pertahanan.

 

4. Siber dan Sandi Negara (SSN)

Nah, bila tertarik tentang keamanan data, bisa memilih berkuah di Poltel SSN yang berada di bawah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Mahasiswa akan menempuh pendidikan selama 4 tahun dan mendapat gelar diploma IV. 

Di SSN, terdapat dua program studi D4 disini, yaitu Teknik Persandian dan Manajemen Persandian.

Sistem penerimaan mahasiswa baru Poltek SSN ini dilakukan secara bertahap dengan sistem gugur.

 

5. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

IPDN adalah lembaga pendidikan tinggi kedinasan dalam naungan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia yang bertujuan menghasilkan kader pemerintahan.

Klarifikasi peserta didik IPDN dibagi menjadi dua, yaitu Praja dan Mahasiswa. Sebutan Praja untuk program diploma dan sarjana, terikat dalam ikatan dinas dan tugas belajar.

Sedangkan mahasiswa untuk peserta didik tugas belajar dan ijin belajar pada program pascasarjana dan program profesi kepamongprajaan.

Fakultas yang tersedia antara lain Ilmu Politik, Manajemen Pemerintahan, dan Hukum Tata Pemerintahan.

Lulusan dari politeknik ini memiliki prospek karir bekerja di instansi pemerintah sebagai pegawai negeri sipil dan pejabat daerah.
 

Baca juga: Informasi Lengkap Alur Pendaftaran, Syarat, dan Biaya UTBK SBMPTN 2021