iPhone 12 Baru Saja Diluncurkan, Bocoran iPhone 13 Sudah Mulai Muncul

Lifepod.id - Setelah meluncurkan iPhone 12 pada 13 Oktober lalu, Apple dikabarkan sudah mulai merencanakan desain untuk iPhone 13 mereka yang muncul pada tahun 2021 mendatang.

iPhone 12 Baru Saja Diluncurkan, Bocoran iPhone 13 Sudah Mulai Muncul
Img. Ilustrasi iPhone 12 yang dibuat oleh Jonas Daehnert

Melansir pada Apple Insider, notch atau bagian poni pada iPhone 13 kemungkinan kecil nantinya lebih kecil dari iPhone 12. Leaker atau pembocor informasi Ice Universe (akun Twitter @Universelce) mengunggah sketsa rancangan kasar posisi notch nantinya.

 

 

iPhone 12 sendiri masih dibekali dengan notch dengan ukuran yang berbeda-beda setiap tipenya. iPhone 12 mini memiliki ukuran notch yang lebih kecil dari varian iPhone 12 lainnya.

Selain itu, bocoran lain juga disampaikan oleh leaker lainnya, Ross Young. Menurut dia, iPhone 12 akan punya Touch ID, layaknya fingerprint in display, di dalam layarnya.

Leaker lainnya yang sukses membocorkan line-up iPhone 12, Lovetodream, juga mengklaim “MESA uts” akan hadir di iPhone. MESA sendiri adalah kode internal Apple untuk Touch ID dan “uts” adalah akronim “under the screen”.

 

 

Diprediksi juga jika iPhone 13 akan sangat mirip dengan tampilan iPhone 12 dan dibekali dengan empat varian warna juga.

iPhone 13 digadang-gadang bakal punya refresh rate layar super mulus, 120 Hz, yang disebut sebagai ProMotion Display. Sempat diperkirakan fitur ini dihadirkan di iPhone 12, namun Apple tidak menggunakannya.

Menurut sejumlah leaker, Apple sengaja tidak memakai ProMotion Display tersebut agar iPhone 12 lebih hemat daya sebab mendukung jaringan 5G.

Sedangkan penggunaan fitur tersebut tidak akan jadi halangan bagi iPhone sebab akan mengadopsi layer dengan panel low-temperature polycrystalline oxide (LTPO) yang sangat efisien dalam konsumsi daya.

Penggunaan 5G pada iPhone 13 juga akan lebih menyeluruh bagi penggunanya yang berada di luar AS, bertolak belakang dengan iPhone 12 yang masih terbatas karena menggunakan frekuensi mmWave.

Informasi tambahan mmWave adalah rangkaian frekuensi 5G dengan kecepatan super cepat pada jarak pendek yang penggunaannya sesuai pada area padat perkotaan. 

Fungsi modem 5G pada iPhone 12 sendiri terbatas bagi pemakai ponsel tersebut di luar AS. Negara lain yang mendukung 6G, biasanya memakai jaringan sub-6GHz daripada mmWave. Di Indonesia sendiri, frekuensi jaringan 5G masih belum tersedia.
 

Baca juga: iPhone Termurah Diberi Nama iPhone 12 Mini?

Baca juga: Intip 5 Perubahan yang Dihadirkan Apple di iPhone 12