iPhone 15 Pro Dibuat dari Titanium dan Harganya Mahal, Masih Mau Beli?

Lifepod.id - Baru-baru ini, Apple disebutkan bakal merubah tradisi mereka untuk menjual iPhone kelas premiumnya seharga USD 999. Diketahui, Apple memang masih menjual model kelas atas di harga tersebut sejak rilis iPhone X pada 2017. Akan tetapi, hal tersebut akan berubah dengan diluncurkannya iPhone 15 Pro/Pro Max tahun 2023.

iPhone 15 Pro Dibuat dari Titanium dan Harganya Mahal, Masih Mau Beli?

Sudah sejak lama Apple diramalkan bakal merilis iPhone generasi terbaru dengan bodi titanium. Sejauh ini belum kejadian, namun prediksi tersebut semakin kuat berembus setelah raksasa Cupertino itu meluncurkan Apple Watch Ultra dengan material titanium.

Benar saja, sejumlah tipster yang reliabel menyebut kalau iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max bakal dibangun menggunakan material titanium, bukan lagi stainless steel atau baja tahan karat. 

Keduanya iPhone itu tak lagi mengusung tepian yang datar, melainkan agak membulat agar ponsel semakin enak untuk digenggam.

Dengan penggunaan titanium sebagai bahan dasarnya, baik iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max tak cuma lebih enteng dan nyaman untuk digunakan, tapi juga empat kali lebih kuat dibanding pendahulunya.

iPhone 15 Pro hanya berbobot sekitar 189 gram saja, jauh lebih ringan ketimbang iPhone 14 Pro dengan berat 206 gram.

Hanya saja, penggunaan material titanium menjadi salah satu alasan bagi Apple untuk menaikkan harga iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Menurut analis teknologi dari Haitong International Studies, Jeff Pu, kedua iPhone terbaru itu kemungkinan dibanderol dengan harga selangit.

Dalam catatannya untuk industri, Jeff Pu mengatakan kenaikan harga iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max disebabkan upgrade hardware yang cukup signifikan, termasuk rangka yang terbuat dari titanium.

Belum lagi penggunaan prosesor Apple A17 Bionic yang baru. Chipset dengan arsitektur 3nm dari TSMC itu bakal dipasangkan dengan RAM hingga 8 GB, terbesar untuk saat ini.

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max juga dilengkapi kamera periskop dengan optical-zoom yang lebih jauh dari lensa telephoto di generasi sebelumnya. 

Plus, Apple untuk pertama kalinya akan menyematkan port USB-C pada jajaran iPhone terbarunya untuk mematuhi peraturan Uni Eropa yang baru. Khusus untuk iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, port USB-C yang digunakan sudah Gen 3.2 yang terbaru.

Belum diketahui berapa persen kenaikan harga pada iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Begitu juga dengan harga iPhone 15 dan iPhone 15 Plus, apakah ikut naik atau tetap sama dengan seri sebelumnya.

Sekadar informasi, saat rilis resmi pada September tahun lalu, iPhone 14 dijual dengan harga mulai USD 799 atau Rp11,8 jutaan, iPhone 14 Plus dibanderol USD 899 atau Rp13,3 jutaan, iPhone 14 Pro dipasarkan USD 999 atau Rp14,8 jutaan dan iPhone 14 Pro Max dijual seharga USD 1.099 atau Rp16,3 jutaan.

Sumber : [1][2]



Cek Berita dan Artikel yang lain :