Jaga Imunitas Tubuh? 8 Makanan dengan Vitamin D yang Tinggi

Lifepod.id - Situasi pandemi seperti saat ini menuntut kita untuk menjaga kekebalan tubuh menjadi hal yang sangat penting, salah satu caranya adalah mencukupi vitamin D.

Jaga Imunitas Tubuh? 8 Makanan dengan Vitamin D yang Tinggi
Img. Iklan salmon merupakan salah satu ikan dengan kandungan vitamin D yang tinggi | Pixabay


Nutrisi yang terkandung dalam vitamin D dapat membantu menjaga sistem imun tubuh. Cara mendapatkan vitamin ini bisa dari sinar matahari, makanan, juga suplemen tambahan.

Kekurangan vitamin D dapat membuat seseorang lebih rentan terinfeksi. Imun tubuh yang kuat berperan sebagai pertahanan terbaik di masa dan keadaan cuaca yang tidak menentu seperti sekarang.


Apa itu Vitamin D?

Secara teknis, vitamin D merupakan hormon dimana sebenarnya tubuh dapat menghasilkan vitamin D sendiri. Cara mendapatkannya bisa dengan sinar matahari yang cukup.

Selain memperkuat imunitas tubuh, vitamin D juga berperan untuk mencegah berbagai jenis kanker.

Kebutuhan vitamin D pada setiap orang berbeda-beda dan meningkat tergantung pada usia pertumbuhan sebab berkaitan dengan kebutuhan kalsium pada tubuh.

Dilansir dari Health Line, terdapat sejumlah makanan yang mengandung vitamin D yang tinggi. Apa saja pilihannya? Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

 

1. Salmon

Salmon merupakan ikan yang menjadi sumber vitamin D. Satu potong ikan tersebut dengan besar 100 gram bisa mengandung 526 IU, mencukupi 200% kebutuhan harian dari vitamin D.

 

2. Sarden

Selain salmon, ada juga ikan haring atau sarden yang terkenal dengan kandungan vitamin D-nya yang tinggi.

Dalam ikan sarden kalengan dalam setiap kaleng (3,8 ons bahan) bisa mengandung 177 IU setara dengan hampir 22% kebutuhan vitamin D harian.

 

3. Minyak hati ikan kod

Untuk kamu yang tidak suka mengkonsumsi ikan namun ingin mendapatkan nutrisi dari sumber lain, suplemen makanan minyak hati ikan kod adalahnya alternatifnya.

Minyak hati ikan kon menjadi sumber vitamin D yang baik per sendok tehnya (4,9 ml) bisa mencukupi kebutuhan vitamin harian hingga 56%. Cukup tinggi, bukan?

Selain vitamin D, minyak hati ikan kod juga merupakan sumber vitamin A. Bahkan dengan takaran yang sama, kebutuhan vitamin A harian bisa tercukupi 150%.


4. Kuning telur

Nah, vitamin D juga bisa dapatkan dari bahan yang sering ditemui dan dikonsumsi sehari-hari, yaitu pada kuning telur.

Protein dalam telur sebagian besar terdapat di bagian putihnya, sedangkan untuk kandungan lemak, vitamin, dan mineral ditemukan di kuningnya.

Satu butir kuning telur bisa mengandung 37 IU vitamin D atau sama dengan kebutuhan vitamin harian sebesar 5%. Kadar ini berbeda-beda tergantung pada paparan sinar matahari yang didapat oleh induk ayam dan pakannya.

Ayam yang dibiarkan berkeliaran mendapatkan sinar matahari bisa menghasilkan 3-4 lipat kandungan vitamin D lebih tinggi daripada yang dibiarkan di kandang saja.

 

Baca juga: Begini Pola Makan Menguntungkan Kesehatan dan Lingkungan 'Planet Based Diet'

 

5. Jamur

Solusi lainnya adalah jamur. Sama seperti manusia, jamur juga dapat mensintesis vitamin D bila terkena sinar matahari.

Namun, jamur hanya bisa menghasilkan vitamin D2, berbeda dengan hewan yang menghasilkan vitamin D3.

Beberapa varietas dari jamur liar bisa mengandung 2.300 IU per porsi (100 gram) atau hampir tiga kali lipat dari kebutuhan harian vitamin orang dewasa.

Untuk jamur yang sengaja ditanam secara komersial cenderung mengandung vitamin D2 yang lebih sedikit.

Salah satu jamur budidaya dengan vitamin D yang cukup tinggi adalah jamur maitake. Bahkan jamur tersebut bisa mencukupi 94% kebutuhan vitamin D harian seseorang.

 

6. Susu sapi

Bahan alami lainnya adalah susu sapi. Susu sapi mengandung banyak nutrisi, seperti kalsium, fosfor, dan riboflavin.

Biasanya susu sapi mengandung sekitar 115-130 IU per cangkir saji (237 ml), memenuhi kebutuhan vitamin D harian hingga 12-22 persen.

 

7. Susu kedelai

Apabila kamu tidak bisa mengkonsumsi produk hewani, bisa menggantinya dengan susu nabati seperti dengan susu kedelai.

Pada satu cangkir (237 ml) susu kedelai yang telah diolah bisa mengandung 117 IU vitamin D atau sebanding dengan 13-15% kebutuhan harian untuk vitamin D.

 

8. Sereal atau oatmeal

Pada produk sereal dan oatmeal tertentu ternyata mengandung vitamin D yang cukup tinggi, lho.

Satu cangkir saji (78 gram) dari makanan tersebut bisa menyumpang 54-136 IU vitamin dan bisa mencukupi kebutuhan vitamin D harian hingga 17 persen.

 

Baca juga: Yuk, Coba Resep Olahan Nasi Kukus Bayam Super Simpel Ini!