Jokowi Nilai Work From Home Tidak Ada Bedanya dengan Cuti

Lifepod.id - Lewat kanal Youtube Sekretariat Presiden, yang dirilis pada Rabu (8/7/2020), Presiden Jokowi meminta kepada semua menterinya agar menyadari jika saat ini Indonesia tengah berada di fase sulit karena krisi ekonomi dan kesehatan yang terjadi akibat wabah dunia Covid-19.

Presiden Jokowi meminta para menterinya agar tidak bersantai-santai dan segera mewujudkan program kerja di masyarakat. 

"Jangan sampai (seperti) tiga bulan yang lalu kita menyampaikan kerja dari rumah. Work from home. Yang saya lihat, ini kayak cuti malahan," tegas Jokowi pada video yang dirilis di kanal Youtube Sekretariat Presiden setelah melakukan rapat terbatas sehari sebelumnya.

Jokowi meminta para menterinya agar lebih tanggap dalam melakukan pekerjaannya. Ia juga mengatakan bahwa di masa sulit seperti ini para menteri sudah tidak lagi terikat dengan standar operasional prosedur (SOP) normal. Langkah ini diambil dengan tujuan agar para menteri dapat menciptakan berbagai terobosan baru guna menjalankan prosedur birokrasi yang lebih sederhana.  

"Kita harus ganti channel ke SOP yang short cut. Kita ganti ke SOP yang smart short cut. Gimana caranya? Bapak Ibu dan saudara-saudara lebih tahu dari saya menyelesaikan ini. Kembali lagi, jangan biasa-biasa saja," ucap Jokowi.

"Karena saya merasakan ini mengerikan, lho. Kepala negara yang saya telepon, hampir semua yang saya telepon mengatakan hal yang sama," lanjutnya. 

Baca Juga : Presiden Himbau Tetap Optimistis Lawan Pandemi

Baca Juga : Corona Segera Lenyap Akhir 2020, Pariwisata akan Booming 2021