Jokowi Sampaikan Belasungkawa Atas Ledakan Lebanon

Lifepod.id - Presiden RI Joko Widodo sampaikan belasungkawa atas terjadinya ledakan di Beirut,Lebanon pada Selasa, 4 agustus 2020 lalu. Ledakan tersebut mengakibatkan ratusan korban jiwa dan rusaknya tempat tinggal warga Beirut. 

Jokowi Sampaikan Belasungkawa Atas Ledakan Lebanon
Image by palembang.tribunnews.com

 

"Saya turut berbela sungkawa untuk saudara-saudariku di Lebanon. Dalam kejadian tragis dan menyakitkan ini, Indonesia berdiri bersama Lebanon," Ucap Jokowi melalui akun Twitter @Jokowi, Kamis, 6 Agustus. 

 

Menurut Jokowi peristiwa yang terjadi di pelabuhan Beirut tersebut merupakan peristiwa yang tragis dan menyakitkan. Sebagai kepala Presiden  juga ia  sampaikan jika, segenap rakyat Indonesia juga mendokan korban dan keluarganya atas kejadian ini. 

 

 

 

Baca Selengkapnya :

Ledakan di Lebanon tersebut berasal dari Gudang yang menyimpan amonium nitrat yang merupakan bahan untuk pupuk dan peledak. 

Perdana Menteri Hassan Diab menyatakan, sebanyak 2.750 amonium nitrat merupakan pupuk pertanian disinyalir menjadi penyebab insiden.

Pupuk itu, tambahnya disimpan selama bertahun-tahun dalam gudang di tepi laut. "Memicu bencana alam dalam setiap arti," kata dia.

Amonium Nitrat sendiri merupakan bahan kimia yang diklasifikasikan sebagai kelas 5.1 agen pengoksidasi di bawah kode Australian Dangerous Goods (ADG) dan bahan kimia yang berbahaya.

 

"Saya berjanji kepada Anda bahwa bencana ini tidak akan berlalu tanpa pertanggungjawaban," Perdana Menteri Hassan Diab.

 

Setelah terjadinya ledakan ini kedutaan AS di Beirut memperingatkan warga disana tentang gas beracun yang dikeluarkan setelah terjadinya ledakan.