Kenali Happy Hypoxia, Gejala Baru Penderita COVID-19

Lifepod.id - Happy Hypoxia merupakan salah satu gejala COVID-19 baru yang mulai ramai jadi bahan perbincangan publik. Dokter spesialis Paru, Erlina menyebut jika gejala ini memang benar dirasakan oleh sebagian pasien virus Corona.

Kenali Happy Hypoxia, Gejala Baru Penderita COVID-19

 

Dr. Erlina menjelaskan pengidap gejala Happy Hypoxia ini akan membuat pasien COVID-19 tidak merasakan sesak saat kadar oksigen di darahnya berkurang.

"Kalau kita kekurangan oksigen, biasanya akan ada sinyal ke otak. Otak akan memberikan perintah pada tubuh untuk mengambil oksigen sebanyak-banyaknya, dengan bernafas cepat, sehingga akan terlihat sesak. Tapi pada beberapa pasien COVID-19, ini tidak terjadi karena ada kerusakan pengiriman sinyal ke otak," jelas Erlina dalam diskusi di Graha BNPB, Rabu (16/09).

Erlina menjelaskan dalam keadaan normal, oksigen dalam darah mencapai 95 sampai 100 persen. Sementara penderita Happy Hypoxia, kadar oksigen yang terkandung di darah hanya mencapai 60 sampai 70 persen saja dan tidak disertai dengan rasa sesak yang biasanya terjadi jika pada seseorang yang kekurangan kadar oksigen dalam darahnya.

Para penderita gejala Happy Hypoxia dapat dikenali dengan beberapa tanda-tanda seperti:

  1. Ada batuk yang terus menetap.
  2. Keadan tubuh semakin hari semakin lemah.
  3. Warna bibir dan ujung jari tampak berubah menjadi kebiruan.

 

Baca juga: Apakah Seseorang Dapat Tertular Virus Corona untuk Ke-2 Kalinya?

 

"Kalau mulai kebiruan, itu artinya saturasi oksigen udah udah makin turun. Nggak ada jalan lain, segera larikan ke rumah sakit. Itu menunjukkan tanda kekurangan oksigen dalam darah sangat parah," tutur Erlina.

 

happy hypoxia

 

Erlina menambahkan jika Happy Hypoxia tidak dapat menular ke orang lain. Hal ini karena Happy Hypoxia hanyalah gejala yang menempel pada COVID-19 bukan penyakit itu sendiri.

Cara untuk menghindari gejala ini sama dengan cara menghindari penularan COVID-19. "Untuk menghindari gejala ini, berarti kita harus menerapkan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan," jelas dia.
 

Baca juga: Tips Ampuh Agar Tidak Stress Saat PSBB