Khasiat Habbatussauda untuk Kesehatan dan Kecantikan

Lifepod.id Jinten Hitam atau lebih dikenal habbatussauda telah dipercaya sejak ribuan tahun sebagai ramuan tradisional untuk mencegah dan mengobati berbagi penyakit, diantaranya untuk mencegah berkembangnya sel kanker, menurunkan berat badan dan juga untuk perawatan kecantikan.

Khasiat Habbatussauda untuk Kesehatan dan Kecantikan
Jintan hitam atau habbatussauda sudah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu

Jintan hitam atau Habbatussauda telah dikenal sebagai obat herbal sejak 2.000 tahun yang lalu di Timur Tengah. Berasal dari tanaman bunga tahunan yang bernama Nigella sativa, habbatussauda memiliki manfaat untuk mengobati dan mencegah berbagai penyakit. 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ هَذِهِ الحَبَّةَ السَّوْدَاءَ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ، إِلَّا مِنَ السَّام

”Sesunggunya pada habbatussauda’ terdapat obat untuk segala macam penyakit, kecuali kematian” [Muttafaqun ‘alaihi HR. Bukhori no. 5687, Muslim no. 2215]

Berikut adalah beberapa manfaat habbatussauda bagi kesehatan dan kecantikan Anda:

Memperkuat daya tahan tubuh

Dimasa pandemi seperti sekarang ini, penting sekali untuk kita menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah tertular virus Covid-19 dan virus lainnya . Dalam beberapa penelitian yang membuktikan bahwa antioksidan dalam habbatussauda, seperti thymoquinone dan flavonoid, mampu memperkuat respons imun tubuh dalam melawan serangan penyakit, termasuk Covid-19. Tanaman herbal lain yang juga dipercaya sejak lama dapat meningkatkan daya tahan tubuh adalah jahe. Selain itu, kandungan antioksidan di dalam jahe dapat mengatasi dan mencegah masuk angin serta memberi rasa hangat bagi tubuh.

Untuk kesuburan pria & wanita

Kandungan magnesium dalam habbatussauda membuat kondisi hormon tetap seimbang dan menjaga stamina laki-laki sehingga memiliki tingkat hormon yang baik. Hal tersebut yang akan menjaga sistem kesuburan bagi laki-laki. Untuk wanita akan menjaga kualitas sel telur dengan baik dan mencegah adanya gangguan, karena adanya kandungan antioksidan di dalam habbatussauda. Rutin mengkonsumsi habbatussauda juga akan melancarkan haid dan menyembuhkan keputihan. 

Menurunkan berat badan

Studi yang diterbitkan oleh Journal of Diabetes and Metabolic Disorder meninjau bahwa habbatussauda mengandung sifat anti-obesitas. Jadi, selain mengatur pola makan yang sehat, mengkonsumsi rutin habbatussauda juga membantu untuk menurunkan berat badan. 

Untuk kecantikan kulit

Kandungan antioksidan, asam linoleat, vitamin E, asam amino. Membantu memudarkan bekas jerawat, menyembuhkan jerawat yang meradang, mencegah kerutan juga mengecilkan pori-pori. Caranya dengan mengoleskan minyak habbatussauda ke wajah yang sudah dibersihkan, setidaknya seminggu dua kali. 

Mencegah kanker
Thymoquinone merupakan senyawa aktif yang terkandung di dalam biji jintan hitam. Senyawa ini dikatakan mempunyai efek antikanker. Pada beberapa penelitian terhadap hewan, thymoquinone dapat mengurangi ukuran tumor ganas. Selain itu, uji laboratorium menunjukkan bahwa thymoquinone secara efektif dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Ulama dan dokter muslim yang terkenal Ibnu Qoyyim Al-Jauziyah rahimahullahu dalam kitab tibbun nabawi menjelaskan tentang habbatus sauda:

وَهِيَ كَثِيرَةُ الْمَنَافِعِ جِدًّا، وَقَوْلُهُ: «شِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ» ، مِثْلُ قَوْلِهِ تعالى: تُدَمِّرُ كُلَّ شَيْءٍ بِأَمْرِ رَبِّها «2» أي: كلّ شيء يقبل التَّدْمِيرَ وَنَظَائِرَهُ، وَهِيَ نَافِعَةٌ مِنْ جَمِيعِ الْأَمْرَاضِ الْبَارِدَةِ، وَتَدْخُلُ فِي الْأَمْرَاضِ الْحَارَّةِ الْيَابِسَةِ

“Habbatus sauda memiliki sangat banyak manfaat, sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “obat untuk segala macam penyakit”, sebagaimana firman Allah, “Menghancurkan segala sesuatu dengan perintahan Rabb-nya”. Yaitu segala sesuatu yang bisa hancur dan semisalnya. Dan habbatus sauda bermanfaat menyembuhkan segala macam penyakit yang bersifat dingin dan penyakit yang bersifat panas dan kering.” [Tibbun Nabawi hal 287, maktabah Ats-Tsaqofiy, Koiro, Tahqiq Dr. Hamid Muhammad Ath-Thohir]