Konsep Ikigai, Cara Temukan Hidup Bahagia

Lifepod.id - Jenuh saat melakukan rutinitas setiap hari adalah manusiawi. Terkadang saat bangun pagi kita merasa kurang bersemangat, tidak bergairah, bahkan lelah menjalani kehidupan di hari itu. Jika dibiarkan, bisa bisa akan mengganggu keseharian. Jika kamu sering merasakan hal yang sama, kamu perlu mengetahui konsep hidup Ikigai.

Konsep Ikigai, Cara Temukan Hidup Bahagia

Lantas, apa itu Ikigai ?

Istilah Ikigai berasal dari Jepang. “Iki” berarti kehidupan, dan “Gai” berarti nilai.

Jadi Ikigai adalah tujuan, alasan dan nilai hidup untuk seseorang yang siap menghadapi hari. Konsep ini sudah banyak diterapkan oleh warga Jepang dan menjadi rahasia panjang umur mereka.

Bagi orang-orang yang menerapkan konsep ini, mereka tahu alasan mengapa mereka harus bangun setiap pagi dan melakukan sesuatu ntuk mencapai harapan, Dengan begitu, hidup akan terasa lebih bermakna.

Tidak perlu hal-hal yang rumit, alasan sederhana seperti ingin makan enak, menikmati matahari, minum kopi, atau hal-hal sederhana lain, tanpa disadari bisa membuat hari lebih berwarna dan membuat bahagia.

Lalu bagaimana caranya agar bisa menemukan ikigai sendiri ?

Dalam mencari ikigai, yang terpenting adalah kamu bisa menemukan dan menyeimbangkam empat elemen yang harus saling melengkapi. Karena, jika hanya ada beberapa elemen saja, kamu belum bisa menemukan ikigai.

hyperisland.com

Dikutip dari Quipper.com, berikut elemen-elemennya:

1. Kegemaran (Passion)

image: joytunes.com

Hal ini adalah irisan antara “apa yang kamu suka” dengan “apa yang kamu kuasai”. Bisa hobi atau minat, yang kamu tidak perlu memikirkan cara melakukan kegemaran itu. Contoh, kamu senang bermain musik dan mendengarkan musik setiap hari. Lalu kamu memutuskan untuk menuangkan ide dalam bentuk lagu. Nah, hal itu disebut dengan passion.

2. Profesi (Profession)

image: ism.org

Hal ini ketika kamu tahu cara melakukan sesuatu, yang kamu menguasainya dan seseorang akan membayar kamu untuk melakukan hal itu. Contoh, ketika kamu membuat sebuah karya lagu, kamu akan mendapatkan royalti atas karyamu. Dengan begitu, musisi adalah profesi kamu.

3. Pekerjaan (Vocation)

image: Tribun Kaltim

Ketika kamu melakukan sesuatu untuk kebutuhan banyak orang (pekerjaan) dan kamu melakukannya demi kebutuhan banyak orang (dibutuhkan lingkunganmu), maka hal tersebut disebut vocation atau keahlian. Contoh, kamu diberi project untuk membuat pertunjukan musik untuk acara amal, maka hal tersebut adalah keahlian yang berguna bagi orang lain.

4. Misi (Mission)

image: titiknol.co.id

Ketika kamu sudah tahu bahwa apa yang sangat kamu sukai (apa yang kamu suka), dan terefleksikan dalam bentuk kegiatanmu, serta dibutuhkan oleh banyak orang atau lingkungan (apa yang dibutuhkan lingkunganmu), maka kamu sedang melakukan kegiatan yang disebut dengan misi. Contoh, kamu diundang untuk mengisi pertunjukan musik pada partai politik A, dan yang B juga meminta hal yang sama. Masyarakat banyak meminta kamu untuk melakukan pertunjukan musik yang netral. Dengan begitu misi kamu adalah ketidakberpihakan akan suatu pihak.

Jika kamu sudah memiliki keempat elemen tersebut, selamat! Kamu sudah menemukan sisi Ikigaimu. Bagi yang belum, menemukan konsep Ikigai dalam diri memang tidak mudah. Sesulit apapun rintangan yang sedang kamu hadapi, dengan Ikigai, kamu pasti akan terus bergerak maju dan jauh dari tekanan. Tetap semangat dan jangan lupa bahagia!

Baca Juga :