Liga 2 Berhenti, Liga 1 Tanpa Degradasi.

Lifepod.id - PSSI memutuskan menghentikan kompetisi Liga 2 2022. PSSI menyebutkan ada tiga alasan kenapa kompetisi tersebut dihentikan. Kira-kira kenapa ya?

Liga 2 Berhenti, Liga 1 Tanpa Degradasi.

PSSI memutuskan menghentikan kompetisi Liga 2 2022. Keptusan tersebut dipastikan dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) di kantor PSSI, GBK Arena, Kamis (12/1/2023).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Yunus Nusi  mengatakan bahwa seluruh anggota Exco hadir dalam pertemuan tersebut. Pertemuan tersebut langsung dipimpin oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Hadir pula perwakilan PT Liga Indonesia Baru (LIB) yakni Direktur Operasional Sudjarno. LIB merupakan operator kompetisi professional Indonesia, meliputi Liga 1 dan Liga 2.

"Rapat Komite Eksekutif PSSI memutuskan untuk menghentikan kelanjutan kompetisi Liga 2 musim 2022/2023. Kepastian itu diambil sesuai rapat yang berlangsung di kantor PSSI," kata Yunus.

Yunus turut mengatakan bahwa setidaknya ada tiga alasan mengapa Liga 2 dihentikan.

Alasan pertama, ada permintaan dari sebagian besar tim Liga 2 agar kompetisi ini tidak dilanjutkan. Hal ini terjadi karena tidak ada kesesuaian konsep pelaksanaan lanjutan kompetisi antara klub dan operator serta pelaksanaan atau kelanjutan Liga 2 sangat sulit diselesaikan sebelum Piala Dunia U-20 2023 dimulai pada 20 Mei 2023.

Alasan kedua, rekomendasi dari tim transformasi sepak bola Indonesia seusai tragedi Kanjuruhan terkait sarana dan prasarana yang belum memenuhi syarat.

Alasan ketiga, Perpol No. 10 Tahun 2022 mengamanatkan proses perizinan yang baru dengan memperhatikan periode waktu pemberitahuan, pengajuan rekomendasi dan izin, hingga bantuan pengamanan.

Dalam rangka penyesuaian Liga 2 yang tidak dilanjutkan, maka untuk kompetisi Liga 1 tetap dijalankan, namun tidak ada degradasi.

Sumber: [1][2]

Baca Berita dan Artikel yang lain :