Makin Canggih, Nvidia Ciptakan Superkomputer untuk Percepatan Penelitian Vaksin Covid-19

Lifepod.id - Pengembang chip Nvidia berencana untuk mengembangkan sebuah superkomputer di Inggris yang menggunakan kecerdasan (AI).

Makin Canggih, Nvidia Ciptakan Superkomputer untuk Percepatan Penelitian Vaksin Covid-19

 

Chip yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) tersebut digunakan untuk membantu para peneliti dalam membuat vaksin COVID-19.

Dalam mengembangkan chip ini, Nvidia bekerja sama dengan dua perusahaan farmasi yaitu GSK dan Astra Zenca. Diharapkan komputer yang diberi nama Cambridge 1 ini sudah dapat digunakan pada akhir tahun ini.  

Cambridge 1 dilengkapi dengan NVIDIA DGX yang dapat memberikan lebih dari 400 petaflops kinerja AI. Hal tersebut berarti komputer tersebut menempati urutan ke-29 dalam daftar 500 teratas superkomputer yang paling kuat di dunia.

Superkomputer ini nantinya akan menggunakan ARM (desainer chip asal Inggris). Hal tersebut telah disetujui oleh Nvidia untuk membeli SoftBank Jepang dengan harga 40 miliar dolar AS.

Jika proyek ini sukses Nvidia akan membangun AI Center of Excellence di Cambridge sebagai pusat kolaborasi bagi para peneliti, ilmuwan dan perusahaan rintisan di seluruh Inggris.

Superkomputer Cambridge-1 yang terpisah akan tersedia bagi para peneliti dari industri dan akademisi.

"Superkomputer Cambridge-1 akan berfungsi sebagai pusat inovasi untuk Inggris, dan selanjutnya akan menjadi tempat untuk terobosan yang dilakukan oleh para peneliti dalam kesehatan dan penemuan obat,” kata pendiri sekaligus CEO Nvidia Jensen Huang.

 

 

 

Baca Selengkapnya:

Sebelumnya Nvidia juga mengajak gamers PC di seluruh dunia untuk membantu memerangi virus Corona dengan cara membagikan hasil Clock GPU yang dimiliki para gamer untuk keperluan penelitian dan analisis vaksin corona.

Clock GPU tersebut akan menunjukkan seberapa cepat unit pemrosesan grafis (GPU). Clock mesin diukur dalam satuan megahertz (MHz), dengan satu MHz sama dengan satu juta hertz. 
 

Baca Juga: Jepang Bagikan Pengalaman Nyobain Playstation 5

Baca Juga: iPhone Termurah Diberi Nama iPhone 12 Mini?