Makin Waspada! Virus Corona B117 Ditemukan di Jakarta

Lifepod.id - Berdasarkan hasil genome sequencing (WGS) dari Litbangkes, Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Prof Amin Subandrio mengungkap jika Corona B117 kini telah ditemukan juga di DKI Jakarta.

Makin Waspada! Virus Corona B117 Ditemukan di Jakarta

 

"Yang mendeteksi enam kasus yang dilaporkan itu Litbangkes. Nah dari yang dilaporkan itu, tiga dari Jakarta, tiga dari luar Jakarta," demikian konfirmasi Prof Amin.

Disisi lain peneliti genomik molekuler dan anggota Konsorsium COVID-19 Genomics UK, Riza Arief Putranto mempredikso jika Corona B117 akan mendominasi dan menggantikan jenis virus Corona yang saat ini sudah beredar.

"B117 itu lebih cepat, kemungkinan besar hampir peneliti-peneliti besar di dunia memprediksi varian ini akan menggantikan varian yang dominan saat ini," ucap Riza dalam diskusi online CISDI Sabtu (6/3/2021).

"Kalau dia dominan, lebih cepat, risikonya apa, akan lebih banyak orang ke rumah sakit, akan berulang lagi siklus yang kita alami di awal dulu pandemi," pungkasnya.

 

Versi Menkes 

Sementara itu pada Senin (8/3/2021), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan jika ada tambahan 4 kasus Corona B117 di luar 2 kasus di Karawang. Berikut daftarnya :

  • Satu kasus di Palembang, Sumatera Selatan, pada 11 Januari 2021
  • Satu kasus di Kalimantan Selatan pada 6 Januari 2021
  • Satu kasus di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 12 Februari 2021
  • Satu kasus di Medan, Sumatera Utara, pada 28 Januari 2021.

Total menurut catatan BGS sudah ada 6 kasus Corona B117 yang terkonfirmasi.

Maka dari itu untuk meningkatkan kewaspadaan kita terhadap varian Corona B117, berikut gejala-gejala COVID-19 yang ditemukan di pasien Inggris :

1. Kelelahan dan merasa lesu

2. Nyeri otot

3. Mual hingga pusing

4. Radang tenggorokan

5. Diare

6. Konjungtivitis (mata merah)

7. Ruam pada kulit

8. Perubahan warna (discolouration) pada jari tangan dan kaki

Satu-satunya cara yang bisa dilakukan ketika mengalami gejala COVID-19 seperti ini adalah dengan istirahat yang cukup dan mengatur pola makan.

 

Baca juga: Urusan Belanja, Ternyata Laki-laki di Jakarta Selatan Jadi Paling Royal Se-Indonesia

Baca juga: Viral Aksi Pemotor Terobos Jalur Khusus Busway, Ini Respon TransJakarta