Mantan Kepala Keamanan Facebook Bantu Zoom Inc.

Mantan Kepala Keamanan Facebook Bantu Zoom Inc.
Source: Zoom US
Lifepod.id - Zoom Video Communications Inc baru saja menggandeng mantan kepala keamanan Facebook Alex Stamos sebagai penasihat untuk menangani masalah keamanan dan privasi.

"Setelah cuitan tentang Zoom pekan lalu, saya mendapat telepon dari CEO, @ericsyuan, dan kami mengobrol banyak. Senang mengatakan bahwa saya akan membantu Zoom dalam pembangunan program keamanan mereka," cuit @alexstamos dalam akun twitternya.

Akhir bulan Maret lalu, Stamos meminta Zoom untuk lebih transparan dan meluncurkan rencana keamanan 30 hari melalui cuitannya. Pendiri dan CEO Zoom, Eric Yuan pun memintanya sebagai konsultan setelah berkonsultasi dengannya.

"Zoom memiliki beberapa pekerjaan penting yang harus dilakukan dalam keamanan aplikasi inti, desain kriptografi, dan keamanan infrastruktur, dan saya menantikan untuk bekerja dengan tim teknik Zoom pada proyek-proyek itu," tulis Stamos dalam unggahan blog.

Berkeley High School, California, adalah salah satu korban "Zoom Bombers" saat menggunakan aplikasi Zoom dalam proses belajar mengajar di mana seorang pria dewasa telanjang mengganggu pertemuan yang telah dilindungi kata sandi.

Walaupun sudah mengikuti anjuran keamanan Zoom, mereka tetap memutuskan bahwa seluruh distrik menunda Zoom setidaknya selama "beberapa hari" untuk mempertimbangkan cara menggunakan yang aman dalam konferensi video.

Beberapa negara seperti Taiwan dan Jerman juga mulai membatasi penggunaan Zoom, demikian pula dengan perusahaan SpaceX yang dimiliki Elon Musk juga telah melarang penggunaan Zoom karena masalah keamanan.

Upaya karantina mandiri dan PSBB di Jakarta juga mendorong lonjakan penggunaan Zoom di Indonesia. Zoom banyak digunakan pengguna oleh karena kemudahan penggunaannya, serta penawarannya yang gratis.

Update terakhir dari zoom ialah berupa tambahan tombol security di mana Host dapat melakukan serangkaian tindakan keamanan di antaranya:

  • Lock the meeting
  • Enable the Waiting Room (even if it’s not already enabled)
  • Remove participants
  • Restrict participants’ ability to:
    • Share their screens
    • Chat in a meeting
    • Rename themselves
    • Annotate on the host’s shared content

Tambahan update lainnya yaitu dihilangkannya tampilan meeting ID pada tiap layar partisipan meeting sehingga orang lain tidak dapat masuk ke ruang meeting tersebut. Zoom berharap dengan peningkatan keamanan ini pengguna dapat kembali menggunakan aplikasinya dengan keamanan yang telah diperbaiki seiring dengan perkembangan kedepannya.