Pantai Likupang, Destinasi Super Prioritas Untuk Para Pelancong

Lifepod.id - Pantai Likupang telah ditetapkan oleh Pemerintah sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas. Jaraknya adalah sekitar 48 kilometer sebelah timur laut dari Kota Manado.

Pantai Likupang, Destinasi Super Prioritas Untuk Para Pelancong
sumber: phinemo.com

 

Kamu sudah pernah berkunjung ke Likupang, Sulawesi Utara? Jika belum pernah ke sana, kamu perlu tahu bahwa Likupang memiliki luas sekitar 200 hektar dan memiliki kawasan pantai yang sangat cantik.

Likupang sendiri merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara di mana nama daerah ini menjadi perbincangan hangat di tahun 2020. Alasannya adalah karena Pemerintah telah menetapkannya sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas. Artinya, Pemerintah akan memaksimalkan proses pembangunan pariwisata dari berbagai aspek. Daerah ini juga sedang disiapkan untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata, lho. 

Dapat ditempuh selama dua jam perjalanan mobil dari Manado, rupanya Pantai Likupang memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para pelancong. Jadi, jangan sampai kamu menyesal karena tidak mampir ke sana, ya.

 

Spot Menarik di Pantai Likupang

 

Sumber: www.instagram.com/princesse_de_joyeux 

Likupang bisa menjadi alternatif destinasi tujuan wisata pulau tropis di akhir tahun nanti. Terdapat beberapa daya tarik dari Likupang yang membuatnya wajib untuk kamu dikunjungi, di antaranya adalah seperti berikut:

1. Pantai Pulisan, adalah pantai berpasir putih yang berada di Minahasa Utara tepatnya di Desa Pulisan, Kecamatan Likupang Timur. Pantai Pulisan ini mempunyai air laut yang tenang berwarna biru, batuan karang, dan pemandangan laut lepas yang bisa dinikmati. Kamu bisa snorkeling, diving, dan trekking ke bukit-bukit, atau sekadar menikmati suasana pantai dan laut.

Lalu ada Bukit Pulisan yang masih satu lokasi dengan Pantai Pulisan ini. Bukit Pulisan menyajikan pemandangan padang rumput yang luas berpadu dengan laut biru yang indah.

2. Pantai Paal, juga menjadi salah satu surga tersembunyi di Sulawesi Utara. Pantai yang terletak di Desa Marinsow, Kecamatan Likupang Timur ini sudah terkenal akan keindahannya. Di Pantai Paal sudah ada beberapa fasilitas yang bisa kamu nikmati, seperti rumah-rumah panggung untuk kegiatan ibadah, toilet, dan lahan parkir yang memadai. 

3. Pulau Lihaga seluas delapan hektar dan diyakini tidak berpenghuni juga wajib kamu kunjungi. Terletak di Kecamatan Likupang, pulau ini terkenal dengan spot diving-nya yang sangat menawan.

4. Pulau Gangga, memiliki biota alam bawah laut yang masih terjaga, dan air lautnya pun sangat jernih. Selain itu, Pulau Gangga menjadi destinasi favorit karena kamu bisa menikmati dua hal dalam satu kali kunjungan, yaitu matahari terbit dan tenggelam.

5. Ekowisata Desa Bahoi, yang berada di Likupang Barat. Bahoi adalah desa nelayan yang memiliki ekowisata mandiri untuk menjaga ekosistem laut. Ada berbagai terumbu karang dan ikan yang bisa kamu jumpai di bawah laut yang indah. 

6. Bukit Larata, adalah bukit savana dengan padang rumput yang membentang, berpadu dengan hamparan laut lepas. Kamu bisa menaiki puncak bukit dengan mudah, karena medannya tidak terlalu curam.

 

Akses Menuju Pantai Likupang

Pantai Likupang berjarak sekitar 48 kilometer sebelah timur laut dari Kota Manado. Dari pusat Kota Manado, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum untuk menuju ke lokasi pantai.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, rute yang bisa kamu lalui adalah dari pusat Kota Manado, lalu ikuti papan petunjuk arah yang menginformasikan ke arah Pantai Likupang.

Sementara jika kamu menggunakan kendaraan umum, kamu bisa menggunakan jasa angkutan seperti bus dari Terminal Paal 2.

Angkutan tersebut akan membawamu hingga tiba ke Terminal Likupang, kemudian dari Terminal Likupang perjalanan bisa kamu lanjutkan dengan menyewa jasa ojek motor atau angkutan umum. Cukup mudah, bukan?

 

Dapatkan informasi menarik lainnya seputar pariwisata di Indonesia hanya di Wonderful Indonesia. Di sana ada banyak rekomendasi tempat wisata hingga tempat kuliner legendaris dan kekinian yang sayang sekali untuk kamu lewatkan.

 

Baca Juga: Romantisme Pulau Cinta Eco Resort Gorontalo

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Sulawesi Utara, Likupang Yang Eksotis