PBESI Ingin eSports jadi Karir Menjanjikan Buat Anak-anak Muda

Lifepod.id - PBESI menggelar konferensi pers terkait peresmian program Akademi Esports Garudaku, sebuah akademi esports resmi yang dilengkapi platform digital website Garudaku.

PBESI Ingin eSports jadi Karir Menjanjikan Buat Anak-anak Muda
foto ilustrasi : https://www.ekrut.com/

Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) ingin menjadikan eSports sebagai satu jenjang karir menjanjikan bagi anak-anak muda Indonesia ke depannya. Disampaikan Ricky Setiawan selaku Kabid Atlet, Prestasi & IT PBESI, ia ingin masyarakat secara luas percaya bahwa eSports membawa dampak yang sangat positif.

eSports bukanlah ranah buat orang-orang tertentu saja, tapi juga bagi semua orang. eSports bisa dimainkan oleh siapapun dan menyatukan banyak orang sekaligus untuk meraih kemenangan yang diidam-idamkan.

“Kita ingin menyadarkan bahwa gak selamanya inovasi itu buruk, seperti eSports misalnya,” katanya, dalam sesi diskusi di Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 di ICE BSD, Tangerang, Minggu (23/10).

Ia menyatakan, PBESI sudah menyiapkan berbagai program jangka panjang untuk membuat eSports menjadi salah satu jenjang karir yang prospektif buat anak-anak muda tanah air.

Ekskul eSports misalnya. Ricky mengklaim, sudah ada ratusan sekolah di Indonesia yang menyertakan bidang ini sebagai wadah pengembangan potensi peserta didik yang dapat memberikan dampak positif dalam penguatan pendidikan karakter.

Ekstrakurikuler ini sama sekali tak mengganggu aktivitas akademik para siswa. Malah ada banyak ilmu tambahan yang bisa diterapkan siswa dalam kehidupan sehari-hari, seperti komunikasi, leadership, strategic, sampai kedisiplinan.

“Tidak meninggalkan akademis, karena itu modal mereka ke depannya. Percaya gak, orang di industri eSports itu akademiknya bagus-bagus, gak hoki main doang. Jago saja gak cukup,” jelasnya.

“Dulu gamer itu dibayangkan sebagai orang yang main game di kamar saja, sendirian. Sekarang mereka main strategi, bersama-sama dan melatih komunikasi untuk mencapai kemenangan,” samung Ricky.

Ricky Setiawan, Kabid Atlet, Prestasi & IT PBESI

Selain itu, PBESI pun menggelar liga-liga eSports untuk pelajar. Harapannya, pemain potensial dari kompetisi tersebut akan menembus liga eSports nasional, sehingga tercipta jenjang karir yang amat menjanjikan.

“Ada liga eSports nantinya, yang harapannya peserta yang mengikuti merupakan lulusan dari liga pelajar misalnya, sehingga tercipta satu jenjang karir ini di Indonesia,” imbuh Ricky.

Adapun untuk liga eSports nasional, PBESI rencananya bakal mengadakan kompetisi resmi di tahun depan. Hal ini dilakukan untuk menyaring orang-orang berpotensial yang mampu membuat eSports Indonesia kian mendunia.

“Tahun depan ada Liga 1, Liga 2 khusus untuk eSports. Ada juga kompetisi berjenjang buat semua orang yang bergelut di eSports,” pungkasnya.

Sumber : [1][2] 




Cek Berita dan Artikel yang lain :