Pembuktian Obat Tradisional Jadi Tantangan untuk Buktikan Secara Ilmiah

<b>Lifepod.id</b> Indonesia kaya akan obat herbal. Akan tetapi, obat herbal atau tradisional masih menjadi tantangan besar untuk para peneliti agar khasiat dan keamanannya dapat di terima oleh masyarakat modern dan pelayanan kesehatan modern.

Pembuktian Obat Tradisional Jadi Tantangan untuk Buktikan Secara Ilmiah
Foto: MNC Media

Salah satu tantangan bagi para peneliti adalah membuktikan secara ilmiah melalui proses saintifikasi tentang penggunaan obat tradisional yang secara empiris.

"Penggunaan obat dari bahan alam di Indonesia didasarkan hanya pada pengalaman empiris, menjadikan obat tradisional hanya tren pada masyarakat di daerah yang sentuhan modernisasinya masih kurang," kata Guru Besar Universitas Hasanuddin Prof apt Subehan M Pharm dilansir Antara, Selasa, 18 Januari.

Akan tetapi, dia begitu optimis untuk menemukan obat baru yang bersumber dari bahan alam di Indonesia sangatlah besar.

Ada beberapa senyawa telah digunakan untuk pengobatan kanker yang bersumber dari alam seperti vincristine dari catharantus roseus.

Uji coba yang sedang dilakukan, salah satunya adalah pemanfaatan kayu secang sebagai obat tradisional tulang yang sejak dahulu sudah digunakan.

"Pengujian dilakukan terhadap ekstrak kayu secang pada aktivitas sel osteoblast sebagai sel yang bertanggung jawab dalam perlekatan calcium pada tulang dan sel osteoclast untuk pembentukan ulang tulang bone remodeling," ujar Subehan.

Selain itu Subehan menuturkan, potensi kekayaan alam di Indonesia sangatlah besar dan telah di manfaatkan sejak lama untuk pengobatan secara tradisional yang sudah terbukti secara empiris.

Dan ini merupakan sumber dalam penemuan obat baru untuk mengatasi berbagai permasalahan Kesehatan.

Dan tantangan para peneliti adalah memberikan bukti secara ilmiah khasiat, keamanan dan pengembangannya untuk lebih digali lagi, agar dapat diterima oleh masyarakat modern dan sistem pelayanan Kesehatan modern.

Sumber: VOI

Baca Juga: