Pertamina Kehilangan Potensi 400 Ribu Barel Akibat Kebakaran Kilang Balongan

Lifepod.id - Dampak dari kebakaran yang terjadi di kilang minyak Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, mengakibatkan hilangnya potensi produksi minyak hingga 400 ribu barel.

Pertamina Kehilangan Potensi 400 Ribu Barel Akibat Kebakaran Kilang Balongan
Img. Pertamina klaim kehilangan 400 ribu barel minyak akibat kebakaran yang terjadi di kilang minyak Balongan | Dok. Istimewa

 

Pengakuan ini disampaikan oleh Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina, Mulyono.

“Kira-kira kehilangan produksi, yang tidak bisa disuplai kilang sekitar 400 ribu barel,” ujarnya, dikutip dari CNNIndonesia, Senin (29/03/2021).

Untuk menutupi hilangnya pasokan kilang ini, pihak Pertamina akan mendatangkan stok suplai dari Kilang Cilacap dan TPPI.

Produksi di Kilang Cilacap dan TPPI akan ditingkatkan guna menutupi kekurangan yang dibutuhkan.

“Kilang Cilacap bisa dinaikkan produksinya 300 ribu barel sementara itu TPPI 500 ribu barel,” jelasnya.

Gangguan yang terjadi ini diharapkan tidak akan berlangsung lama dan mengganggu produksi minyak di lokasi kilang lainnya.

“Begitu kebakaran padam, bisa langsung produksi lagi,” ujar Mulyono.

Hingga saat ini proses pemadaman di lokasi kebakaran terus dilakukan. Total sudah 10 mobil pemadam kebakaran dikerahkan dari Cirebon, Indramayu, dan Pertamina untuk memadamkan api.

Dalam konferensi pers, Senin (29/03/2020) Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menjelaskan kondisi terkini dari kebakaran kilang minyak Pertamina tersebut.

“Kondisi terkini api dapat dilokalisir di dalam band wall (dinding penahan di sekitar penyimpanan minyak). Jadi, disekitar tangki ini ada tanggul dan api sudah bisa kita lokalisir di sana,” jelas Nicke.

Agar titik kebakaran tidak menyebar ke lokasi sekitar, pemadaman dilakukan menggunakan foam.

“Untuk pemadaman, kita menggunakan foam, perimeter band wall, dan juga pusat nyala api. Sehingga demikian kita pastikan api tidak akan menjalar ke area lain,” jelasnya.

Warga dihimbau untuk menjauhi lokasi kebakaran demi keselamatan bersama.

“Kami memohon warga sekitar yang ada di sekitar untuk tetap tenang dan menjauhi lokasi kebakaran,” pungkasnya.
 

Baca juga: Kilang Minyak Pertamina di Indramayu Terbakar, Berikut Kronologi Kejadian