Pulau Betet-Gundul Tenggelam, Jakarta Terancam

Lifepod.id - Saat ini Pulau Betet-Gundul yang berlokasi di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, sudah tenggelam. Hal ini juga mengakibatkan wilayah Jakarta dan sekitarnya terancam. 

Pulau Betet-Gundul Tenggelam, Jakarta Terancam
Sadar! Pulau Betet-Gundul Sudah Tenggelam, Jakarta dan Daerah Lain Terancam (Foto: BBC Indonesia)

Tenggelamnya pulau-pulau tersebut disebabkan oleh pemanasan global yang mengakibatkan air laut naik ke permukaan.

"Pulau-pulau ini tidak berpenghuni. Salah satu pulau, Betet, adalah bagian dari Taman Nasional Berbak-Sembilang," kata Hairul Sobri, Direktur Eksekutif Walhi Sumatera Selatan, seperti dikutip dari laman The Star, Selasa (6/4/2021).

Merujuk pada studi yang dilakukan oleh Climate Central yang merupakan organisasi nonpemerintah di Amerika Serikat, akibat pemanasan global ini sekitar 23juta orang di pesisir Indonesia juga terancam terkena banjir laut tahunan pada 2050 nanti.

Heri Andreas yang merupakan peneliti geodesi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) mengatakan kemungkinan makin tingginya permukaan laut tidak hanya dialami oleh Jakarta dan pesisir utara Pulau Jawa namun juga pesisir timur Sumatra, Kalimantan, dan Papua bagian Selatan.

Dari data satelit yang dikumpulkan oleh ITB selama 20 tahun, penurunan permukaan air laut di Indonesia diperkirakan setinggi 3-8 mm per tahun. Untuk estimasi penurunan permukaan tanah diperkirakan lebih drastis berkisar antara 1-10cm per tahun. Bahkan ada beberapa tempat yang penurunannya mencapai 15-20 cm per tahun.

Potensi tenggelam hampir mengancam seluruh pesisir Indonesia namun sayangnya tidak semua warga pesisir menyadari hal tersebut. Pada tahun 2018 sebesar 31% wilayah daratan pekalongan tergenangi air laut secara permanen.

Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mecegah agar hal ini tidak semakin parah? 

  • Mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dengan mengurangi pemakaian kendaraan bermotor.
  • Menggunakan energi alternatif seperti pemanfaatan sinar matahari.
  • Tidak menebang pohon di hutan sembarangan.
  • Melakukan reboisasi (penanaman pohon kembali di lahan gundul).
  • Menghemat pemakaian listrik.
  • Kurangi penggunaan AC

 

Baca juga: Banjir Bandang Melanda Flores Timur, Proses Evakuasi Alami Kendala

Baca juga: GeNose Dapat Dipakai sebagai Syarat Naik Pesawat, Berikut Ketentuannya