Stress karena Pekerjaan di Kantor? Intip Tips untuk Mengatasinya Yuk!

Lifepod.id Stress hal yang wajar dirasakan setiap manusia, tapi kalau dibiarkan bisa menjadi akar segala penyakit lho. yuk! simak tips untuk meredakan stress khususnya buat kamu para pekerja.

Stress karena Pekerjaan di Kantor? Intip Tips untuk Mengatasinya Yuk!

Sudah mau akhir tahun nih guys! Kantor kamu sudah mulai menyiapkah laporan akhir tahun belum? Kayaknya beberapa perusahaan sudah on progress melakukan laporannya. Untuk kamu yang in charge dalam pembuatan laporan ini pasti ada ngerasa lelah, stress atau bahkan stuck karena di kejar deadline, punya client yang demanding atau pekerjaan kamu ini butuh kesabaran dan ketelitan yang tinggi.

Sebelumnya apa sih stress itu?

Menurut WHO (2003) stres adalah reaksi atau respon tubuh terhadap stressor psikososial (tekanan mental atau beban kehidupan).

Kalau kamu sudah merasa difase tersebut, stress nya jangan di biarkan ya! Karena stress bisa jadi akar dari berbagai penyakit lain. Misalnya kamu sedang stress dan kamu jadi suka makan terus yang manis-manis atau yang berlemak, akhirnya kamu kan bisa terkena stroke atau diabetes. No! Tujuan kamu kerja pasti bukan untuk membayar biaya rumah sakit kamu kan?!

Jadi, coba yuk! Lakukan tips dibawah ini saat kamu sudah merasa stress di tempat kerja.

1. Take a Deep Breath

Kalau kamu sudah mulai tak bisa memegang semua kerjaan kamu. Let’s take a deep breath, tarik nafas dalam hitungan empat detik melalui hidung, kemudian hembuskan perlahan dalam hitungan empat detik melalui mulut. Terlihat simple tapi hal ini cukup berpengaruh lho buat kamu yang lagi ngerasa hectic sama pekerjaan karena ini bisa memberikan ketenangan dan mengembalikan focus kamu. Ini bisa kamu lakukan sebelum tidur selama lima menit. When you’re feeling angry, when you’re feeling sad or when you’re feeling tired, close your eyes and take a deep breath, and say everything is going to be alright!

2. Manajemen pekerjaan

Saat lagi mengerjakan laporan, dan tiba-tiba ada pekerjaan lain yang datang. Kamu harus pilah-pilah ya mana yang urgent untuk kamu kerjakan, buatlah to do list tiap harinya. Dan kalau ada rekan kerja kamu memberikan kamu pekerjaan lain yang sebenarnya bukan kamu yang harus mengerjakannya, boleh lho untuk say “No!” bukan masalah untuk mengatakan “No!”, daripada pekerjaan utama kamu akhirnya delay dan menjadi masalah baru hanya karena merasa tidak “enak” sama rekan kerja kamu.

3. Beri Dirimu Istirahat

Jangan sampai 8 jam nonstop kerja yah! Itu sebenarnya bikin kamu tambah stress dan produktivitas kamu menurun lho! Kasih jeda untuk diri kamu untuk istirahat, setelah 90 menit focus dengan pekerjaan. Sekitar 10 menit rasanya cukup untuk santai sejenak dikursi kantor kamu atau mengobrol dengan rekan kerja kamu, hal ini bisa membuat tubuh kamu lebih relax setelahnya, lalu lanjutkan bekerja lagi ya! Jangan keterusan santainya hihi.

 4. Olahraga

Mau sehat mental atau pun fisik kuncinya memang rutin olahraga atau rubah gerak, karena dengan rutih olahraga akan meningkatkan hormon norepineprin sebagai antidepresan.

Jadi, empat tips yang bisa kamu lakukan kalau sudah mulai stress dengan pekerjaan atau pun dengan masalah diluar pekerjaan. Namun, jika kondisi stress kamu sudah di tahap mempengaruhi Kesehatan dan kehidupan sosial kamu, jangan sungkan untuk konsultasi dengan ahli kejiwaan ya! Semangat!