Susul iPhone 12, Xiaomi Mi 11 Bakal Dijual Tanpa Charger

Lifepod.id - Dikonfirmasi langsung oleh CEO Xiaomi, Lei Jun, Xiaomi Mi 11 dipastikan akan dijual tanpa pengisi daya dalam postingan di media sosial China Weibo.

Susul iPhone 12, Xiaomi Mi 11 Bakal Dijual Tanpa Charger
Img. Ponsel Xiaomi Mi 11 akan dijual tanpa charger | Weibo

 

Alasan tidak menyertakan charger dalam kemasan Mi 11 untuk menjaga lingkungan dan mengurangi limbah. Saat ini, hampir semua orang memiliki charger yang tidak digunakan dan masih dapat digunakan kembali.

“Kami sangat mengerti keputusan ini mungkin tidak akan dipahami atau bahkan dikeluhkan,” ungkap Jun, dikutip dari GSM Arena Minggu (27/12). “Apakah ada solusi yang lebih baik antara praktek industri dan perlindungan alam? Senin depan, kita akan bicara di konferensi pers Xiaomi Mi 11.”

Karena tidak menyertakan pengisi daya, Jun mengungkapkan jika desain kotak kemasan Mi 11 akan jauh lebih tipis daripada ponsel-ponsel sebelumnya yang dijual bersama pengisi daya.

Di bagian luar kotak, tertulis beberapa fitur yang diunggulkan dari Mi 11 ini, diantaranya kamera beresolusi tinggi 108 MP, layar Super AMOLED, sertifikasi HDR 10+, hingga audio dari Harman Kardon.

Dalam teks bahasa China, terdapat tulisan yang berarti “Berkemas dengan ringan di tahun 2021” yang bisa mengindikasikan kedepannya Xiaomi akan dirilis tanpa adanya charger.

 

 

Tindakan dari Xiaomi ini dinilai menjilat ludah sendiri sebab saat peluncuran iPhone 12 dulu dimana tidak terdapat charger didalamnya, vendor asal China tersebut mengunggah cuitan bila mereka ‘tidak akan meninggalkan apa pun di luar kotak’ dari Mi 10T Pro.

Digadang-gadang ponsel tanpa charger dengan alasan ‘ramah lingkungan’ akan menjadi tren tersendiri di masa depan. Samsung dengan S21 juga kemungkinan akan mengikuti jejak Apple dan Xiaomi ini.

Bagaimana menurut kamu? Apakah tren dari vendor tanpa charger ini menguntungkan atau justru sebaliknya?
 

Baca juga: Intip 5 Perubahan yang Dihadirkan Apple di iPhone 12

Baca juga: Realme Watch S, Jam Tangan Pintar Murah Harga Sejutaan