Tak Hanya Protokol 3M, Lakukan 3 Hal Berikut agar Terhindar dari COVID-19

Lifepod.id - Di kondisi yang seperti ini kita semua diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak).

Tak Hanya Protokol 3M, Lakukan 3 Hal Berikut agar Terhindar dari COVID-19
Img. Hal-hal yang bisa dilakukan untuk menghindari terinfeksi dari COVID-19 selain mematuhi 3M |

 

Protokol tersebut dijalani untuk mengurangi dan mencegah penyebaran dari virus COVID-19 yang melanda dunia saat ini. Apalagi penyebaran virus tersebut tidak bisa diprediksi menjangkit siapa saja.

Setiap orang berisiko untuk tertular dari virus tersebut, maka dari itu penting bagi kita semua untuk melakukan tindakan preventif alias pencegahan.

Ternyata selain mematuhi protokol 3M, ada juga cara lain yang bisa dilakukan. Apa itu? Simak penjelasannya berikut ini!

 

1. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi

Ada berbagai vitamin dan mineral penting yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Itu semua didapatkan dari asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Beberapa contohnya seperti vitamin C dan vitamin D. Memang zat-zat tersebut terdapat di vitamin suplemen tambahan, namun tubuh tetap membutuhkan jumlah vitamin dalam jumlah banyak.

Vitamin C memiliki fungsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh agar rentan tidak mudah terinfeksi virus. Makanan yang mengandung vitamin C seperti brokoli, jeruk, stroberi, dan lemon.

Beralih ke vitamin D yang bisa didapatkan dari sinar matahari, makanan bergizi, juga suplemen tambahan. Bisa didapatkan dari beberapa ikan, jamur, telur, dan susu.

Baca juga: Jaga Imunitas Tubuh? 8 Makanan dengan Vitamin D yang Tinggi

Jangan hanya berpatok pada vitamin-vitamin di atas saja, vitamin dan nutrisi lain juga punya peran yang sama pentingnya untuk kesehatan tubuh.

 

2. Olahraga secara teratur

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan olahraga secara rutin. Selain untuk mencegah stres dan melatih fisik, olahraga juga berperan untuk kebugaran tubuh yang baik untuk pikiran dan jiwa. 

Olahraga merupakan kegiatan fisik yang bisa dilakukan oleh siapa saja untuk mencegah munculnya risiko penyakit dalam tubuh. Olahraga juga terbukti mampu untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Tidak perlu berlama-lama dalam berolahraga, cukup luangkan 15-30 menit dalam sehari untuk melakukan aktivitas ringan. 

Di YouTube sudah banyak contoh gerakan sederhana yang bisa dilakukan di dalam ruangan yang bisa dilakukan kapan saja bila kamu tidak sempat berolahraga di luar ruangan.

 

3. Atur waktu tidur

Jangan sepelekan tidur sebab tidur sangat penting bagi kesehatan, lho. Tidur merupakan salah satu bentuk mekanisme untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tak hanya rasa kantuk dan lelah yang hilang, tidur berguna untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Bila tubuh kurang tidur justru memicu muncul penyakit, seperti stres, tekanan darah tinggi, hingga diabetes.

Di masa pandemi seperti ini ditambah kondisi lingkungan yang menentu, penting bagi kita untuk menjaga pola tidur agar mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.

Untuk orang dewasa waktu tidur yang ideal sebanyak 7-9 jam sehari. Walaupun terkesan hal kecil, dengan memenuhi waktu tidur itu kita bisa mendapatkan manfaat maksimal dari tidur.

 

Baca juga: 5 Mitos tentang COVID-19 yang Tak Terbukti Akurat, Simak Penjelasan Faktanya!