Tembus 40 Ribu Kasus Harian COVID-19, RI Menjadi Peringkat Pertama di Dunia

Lifepod.id - Indonesia kini menempati peringkat pertama dengan kasus harian COVID-19 tertinggi di dunia selama pandemi. Pada Senin (12/07/2021), kasus harian menembus 40.427 kasus.

Tembus 40 Ribu Kasus Harian COVID-19, RI Menjadi Peringkat Pertama di Dunia

 

Angka ini menjadi rekor menjadi yang tertinggi selama pandemi di Indonesia. Penambahan kasus COVID-19 di Indonesia bahkan melampaui Inggris 34.471 kasus harian dan India dengan 27.404 kasus.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Satuan Tugas Penanganan COVID-19. DKI Jakarta menjadi daerah penyumpang angka positif COVID-19 tertinggi dengan 14.619 orang. Kemudian disusul Jawa Barat dengan 7.942 orang.

Sejak diumumkan pasien pertama terinfeksi virus Corona pada 2 Maret 2021 lalu, kasus Indonesia kini mencapai 2.567.630 kasus. 

Sebelumnya Brazil yang biasanya menempati peringkat pertama, kini berada di peringkat ketujuh kasus harian tertinggi dengan 17.031 kasus COVID-19.

 

Baca juga: Pemerintah Pertimbangkan Opsi Perpanjang PPKM Darurat

 

Sempat dibahas oleh Luhut Binsar Panjaitan, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi yang saat ini juga menjabat sebagai Koordinator PPKM Darurat, apabila kasus Corona di Indonesia menembus 40 ribu kasus.

“Sekarang kami sudah buat skenario apabila kasus ini 40 ribu. Jadi kita sudah hitung worst-case scenario, lebih dari 40 ribu.” kata Luhut dalam jumpa pers virtual(06/07/2021), dikutip dari Detik.com.

Luhut menyebut pemerintah sudah bersiap dengan suplai oksigen, suplai obat, rumah sakit yang sudah diperhitungkan oleh pemerintah.

Disamping itu, Luhut juga mengaku telah berkomunikasi dengan negara tetangga, seperti Singapura, Tiongkok, dan lain-lain untuk melakukan impor prasarana yang dibutuhkan.

“Misalnya dengan Singapura, kami menginisiasi dan telah memesan untuk mengimpor konsentrator oksigen sebanyak 10 ribu sebagian datang pakai Hercules dari Singapura,” jelasnya.

Alat konsentrator ini digunakan untuk pasien COVID-19 di Indonesia dnegan gejala ringan. Sebagai antisipasi, pemerintah akan menyiapkan Asrama Haji di Pondok Gede untuk menampung pasien yang tidak tertampung di rumah sakit lainnya.

“Semua kekuatan kita kerahkan dan jangan ada yang underestimate bahwa RI ini tidak bisa mengatasi masalah ini, sampai hari ini ya. Tapi kalau kasus ini lebih nanti dari 40-50 ribu akan dibuat skenario siapa yang akan kita minta tolong, sudah mulai kita approach itu semua,” tandasnya.

Dikutip dari Worldometers, Selasa (13/07/2021), berikut adalah catat kasus COVID-19 di dunia.

Baca juga: Jokowi Resmi Umumkan PPKM Darurat, Ini Dia Peraturan Lengkapnya!