Tips bagi waktu antara pekerjaan tetap dan usaha sampingan

Lifepod.id - Platform e-commerce Tokopedia melalui Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya membagikan tips agar pelaku UMKM bisa membagi waktu antara pekerjaan dan usaha sampingan secara efektif.

Tips bagi waktu antara pekerjaan tetap dan usaha sampingan

Platform e-commerce Tokopedia melalui Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya membagikan tips agar pelaku UMKM bisa membagi waktu antara pekerjaan dan usaha sampingan secara efektif.

Tokopedia sendiri mencatat para penjual di platform-nya merupakan UMKM lokal yang berasal dari berbagai latar belakang, termasuk para pegiat usaha yang sekaligus menjalankan pekerjaan tetap.

Berikut lima tips yang dapat diterapkan bagi pelaku usaha, dikutip dari siaran pers Tokopedia.

Alokasi waktu dengan tepat
Membagi waktu dengan tepat antara pekerjaan tetap dan bisnis sampingan akan membantu menghindari pengorbanan waktu antara satu kegiatan dengan yang lainnya.

“Misal, di pagi hari bisa difokuskan pada pekerjaan tetap. Saat istirahat siang, bisa menikmati makan siang sambil bertemu dengan vendor usaha sampingan atau membalas chat calon pembeli,” kata Ekhel.

Aktifkan fitur “smart reply”
Fitur “smart reply” dapat memudahkan penjual dalam membalas chat pembeli dengan lebih cepat secara otomatis. Penjual bisa menggunakan fitur tersebut untuk tiga fungsi yang berbeda, yaitu menjawab pertanyaan tentang stok produk, pengiriman, dan spesifikasi produk.

“Fitur ‘smart reply’ ini akan membantu penjual tetap responsif dengan calon pembeli walau sedang sibuk dengan kegiatan lain,” ujar Ekhel.

Manfaatkan fitur iklan agar promosi terus berjalan
Penjual dapat memanfaatkan fitur beriklan otomatis TopAds agar produknya tampil teratas di halaman Tokopedia. Cukup dengan mengatur anggaran harian, penjual secara lebih praktis dapat menjangkau lebih banyak pembeli dan memaksimalkan penjualan.
 
Menurut Tokopedia, dampak positif dari fitur TopAds dirasakan oleh banyak pegiat usaha, salah satunya Mulia Beras, UMKM Makassar yang memberdayakan petani lokal, yang mencatat peningkatan omzet dua kali lipat setelah menggunakan fitur tersebut.

Jangan ragu untuk meminta bantuan
Memegang dua tanggung jawab bisa menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Jangan ragu untuk meminta bantuan dari rekan terdekat untuk memudahkan pekerjaan.

Banyak UMKM lokal yang berhasil mempertahankan kelangsungan bisnisnya dengan mengedepankan kolaborasi bersama rekan atau keluarga, salah satunya Resep Roemah.

“Usaha makanan sehat untuk anak ini tidak akan bisa berdiri kalau saya tidak mengandalkan peran keluarga saya,” ujar Pemilik Usaha Resep Roemah, Steven Hadi Gunawan.

Sediakan waktu untuk istirahat dan cari Inspirasi
Selain bersemangat dalam mendorong produktivitas, hal yang paling penting adalah jangan lupa untuk beristirahat agar tidak cepat burn out atau kelelahan.

“Agar tetap memiliki waktu istirahat yang teratur, para penjual juga dapat memanfaatkan fitur Jadwal Toko untuk mengatur jam buka-tutup hingga jadwal libur toko. Di tengah waktu kosong tersebut, jangan lupa untuk mencari inspirasi dan wawasan dari UMKM lainnya dari komunitas Keluarga Tokopedia dan halaman Pusat Edukasi Seller,” kata Ekhel.

Baca Berita dan Artikel yang lain : Serangan Bjorka Masuk Kategori Doxing, Apa Itu?