Tips Optimalkan Gadget untuk Kurangi Burnout

Lifepod.id - Burnout atau kelelahan mental bisa terjadi karena kesusahan memisahkan antara pekerjaan dan kehidupan personal selama bekerja dari rumah. Bekerja dari rumah, mengharuskan seseorang terus terhubung ke internet dan gadgetnya.

Tips Optimalkan Gadget untuk Kurangi Burnout
image : lifestyle.kompas.com

Meski begitu, gadget bisa digunakan untuk mengurangi kelelahan mental, seperti dilansir dari siaran pers Samsung.

1. Waktu untuk diri sendiri (me time)

Setelah seharian bekerja, berikan self reward kepada diri sendiri dengan me time . Ponsel Android memiliki fitur Digital Wellbeing, kesejahteraan digital, supaya waktu menggunakan gadget tidak berlebihan. Nyalakan fitur tersebut dan atur waktu untuk mengakses aplikasi tertentu sesuai kebutuhan. Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan mode fokus supaya notifikasi dari aplikasi tertentu mati. Atur mode fokus untuk mematikan notifikasi dari email pesan instan ketika sedang me time.

2. Kebugaran tubuh

Kesehatan mental juga berkaitan dengan kesehatan tubuh, untuk menjaga kesehatan mental juga bisa diawali dengan tubuh yang bugar. Pakai fitur-fitur penunjang kesehatan yang ada di ponsel cukup membantu, seperti menghitung langkah kaki dan asupan kalori. Ponsel juga bisa digunakan untuk menonton video olahraga, memasang aplikasi kebugaran atau menyambungkan dengan perangkat smartwatch.

3. Mengekspresikan diri

Untuk mengatasi emosi berlebih salah satunya dengan mengekspresikan diri. Ponsel bisa dimanfaatkan untuk journaling, menulis apa yang dirasakan hari ini di fitur catatan atau bisa menggunakal aplikasi mood tracker.

4. Komunikasi dengan orang terdekat

Fungsi utama ponsel tentu untuk berkomunikasi, jangan lupa hubungi orang-orang terdekat di sela-sela kesibukan sehari-hari. Jika beban mental yang dirasakan berlarut-larut, pertimbangkan juga untuk berkonsultasi dengan psikolog.

Itu adalah secuil tips optimalkan gadget untuk mengurangi kelelahan mental, semoga membantu ya.

Baca Juga : Tips Food Preparation Berdasarkan Jenis Makanan