Viral! Senior Unesa Bentak Mahasiswa Baru saat Ospek Online

Lifepod.id - Twitter sedang dihebohkan dengan beredarnya video Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru(PKKMB) dari Universitas Negeri Unesa(UNESA) yang dilakukan secara daring. Pasalnya, senior membentak-bentak mahasiswa baru karena tidak memakai ikat pinggang.

Viral! Senior Unesa Bentak Mahasiswa Baru saat Ospek Online

 

Kronologi Ospek "Ikat Pinggang" yang Viral

Dalam video singkat yang diunggah oleh akun @skipberat, terlihat terdapat tiga orang senior dari Falkutas Ilmu Pendidikan(FIP), dua laki-laki dan satu perempuan, yang membentak mahasiswa baru karena tidak mematahui aturan memakai ikat pinggang saat kegiatan online tersebut berlangsung.

 

 

"Ikat pinggangmu mana? Ikat pinggang diperlihatkan!" kata senior laki-laki dengan suara tegas.

Dengan posisi berdiri dihadapan layar laptop, mahasiswa yang kena amukan senior tersebut menjawab lirih, "Ngga ada, kak."

Senior perempuan menimpali kemudian dengan nada marah agak menyindir, "Ngga ada... Ngga dibaca tata tertibnya?"

"Kamu tahu tata tertib nggak?" bentak senior laki-laki dalam video berdurasi 30 detik tersebut. "Nggak dibaca tata tertibnya, ya?"

Maba hanya dapat mengatakan maaf kepada kakak tingkatnya. Namun, senior kembali membentak, "Maaf, maaf!"

 

Beragam Respon dari Warganet

Sontak, kejadian ini langsung cepat tersebar dan menjadi buah bibir di internet. Banyak warganet yang bersuara. Ada yang membenarkan, ada yang kontra dengan sistem senioritas seperti ini. 

Sebagian dari warganet ada yang mempertanyakan apa sebenarnya tujuan dari kegiatan ini? Mungkin dari ketegasan yang dilangsungkan saat ospek bisa membantu membentuk mental para mahasiswa baru agar tahan banting akan bentakan senior.

Tetap saja, tindakan seperti itu masih digolongkan sebagai perpeloncoan. Bahkan ada yang mengatakan jika ospek malah dijadikan ajang mahasiswa senior untuk bisa bersikap semena-mena pada junior mereka.

Namun, ada yang membantah juga jika cara seperti ini tidak efektif. Senioritas dan sikap semena-mena saat ospek bukanlah cerita baru, banyak sekali sebenarnya kejadian serupa terjadi berulang kali diluar sana.

Cara mendidik agar mahasiswa menjadi tegas dan bisa bertahan bukan hanya membentak.  Sudah seharusnya opsek menjadi media pengenalan sekolah yang diisi dengan hal bermanfaat lagi.

Tak sedikit juga yang justru memanfaatkan moment ini membuat meme dari hasil tangkapan layar yang mereka dapatkan di video ospek tersebut.

 

Klarifikasi dari Unesa

Menganggapi video viral yang tersebar di internet tersebut, Vinda Maya selaku Humas Unesa, membenarkan jika kejadian tersebut memang terjadi di Unesa. Bahkan, pihaknya akan melakukan konferensi pers terkait aksi tersebut.

"Iya(mahasiswa Unesa), masa kita mau menyangkal. Pagi ini jam 08.30 WIB kita ada statement di kampus Unesa Lidah," klarifikasi dari Vinda, Selasa (15/09).

Unesa sangat menyayangkan mengapa senioritas seperti ini bisa terjadi dalam pelaksanaan PKKMB pada salah satu falkutas disana. Unesa juga telah memberikan evaluasi serta bimbingan kepada pihak yang bersangkutan dan akan menyelesaikan masalah ini secara kekeluargaan.

 

Baca juga: Unair Putuskan Drop Out Mahasiswa “Pelaku Fetish Kain Jarik”