Waspada 5 Kesalahan Minum Kopi Ini Bisa Bikin Cepat Tua

Lifepod.id - Kopi selain dapat memberikan energi di pagi hari dan bisa menurunkan beberapa risiko penyakit, ternyata mengonsumsi kopi dengan cara tidak tepat juga dapat berdampak buruk bagi tubuh, khususnya mempercepat penuaan.

Waspada 5 Kesalahan Minum Kopi Ini Bisa Bikin Cepat Tua

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak sejumlah kebiasaan minum kopi yang harus dihindari agar tidak cepat tua.

1. Minum kopi sebagai pengganti sarapan

image : Leeroy/Life of Pix

Menurut ahli nutrisi dan CEO dan NY Nutrition Group, Lisa Moskovitz, melewatkan sarapan bisa menyebabkan diet yang kurang bergizi, karena bertentangan dengan kebutuhan penuaan yang lebih sehat.

Alih-alih melewatkan sarapan dan langsung minum kopi, Moskovitz menyarankan untuk menyantap makanan sehat untuk sarapan. Misalnya, buah segar, biji-bijian, maupun kacang-kacangan, yang dikemas dengan serat dan antioksidan.

2. Kopi yang terlalu manis

Minum kopi hitam memang lebih rendah kalori dan lebih sehat. Berbeda halnya dengan kopi yang ditambah banyak gula, krim, sirup, atau pemanis lainnya. Menambah gula sewajarnya dalam kopi memang tidak masalah, tetapi menambahkan gula berlebihan setiap kali minum kopi sangat buruk untuk penumpukan kalori dan gula dalam tubuh.

Kebiasaan minum kopi yang terlalu manis dapat memengaruhi kesehatan, seperti meningkatkan gula darah, peradangan, hingga penuaan dini. 

3. Kopi dengan pemanis buatan

image : www.halodoc.com

Konsumsi kopi dengan tambahan pemanis buatan di dalamnya dapat mendatangkan dampak serius bagi kesehatan jangka panjang. Moskovitz mengatakan pemanis buatan dapat membahayakan kadar insulin tubuh, mengancam kesehatan usus, hingga organ vital lainnya. 

Dengan demikian, pemanis buatan dapat membuat kita menginginkan lebih banyak makanan manis di dalam tubuh sepanjang hari.

4. Tidak minum air putih

image : Pergikuliner.com

Terlalu banyak minum kopi dan minim konsumsi air putih dapat menyebabkan dehidrasi yang dapat berdampak negatif pada kulit. Minum air putih adalah kebiasaan yang sering dilupakan banyak orang, terutama setelah kita banyak minum banyak kopi.

5. Minum kopi sepanjang hari

Saat memilih kapan harus minum kopi, yang terbaik untuk tetap berpegang pada pagi hari. Meskipun kafein tidak membuat kita terjaga hingga larut malam, namun hal itu tidak berarti kita perlu minum secangkir kopi sebelum tidur.  

Moskovitz mengungkapkan, kafein adalah stimulan yang bila dikonsumsi terlalu dekat dengan waktu tidur akan mengganggu istirahat yang cukup. Tidur yang buruk juga dinilai dapat mendatangkan malapetaka pada pemulihan, sistem kekebalan tubuh, suasana hati, energi, metabolisme, dan sebagainya.

Baca Juga :