Waspada! Dua Kasus Baru COVID-19 Asal Inggris Ditemukan di Indonesia

Lifepod.id - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono, mengkonfirmasi bila ditemukan kasus mutasi virus corona B117 yang berasal dari Inggris di Indonesia.

Waspada! Dua Kasus Baru COVID-19 Asal Inggris Ditemukan di Indonesia
Img. Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono, mengkonfirmasi ditemukan kasus mutasi corona B117 di indonesia | Sekretariat Kabinet

 

“Tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa dalam tepat satu tahun (virus Corona ditemukan di Indonesia) ini, kita menemukan mutasi B117 UK di Indonesia,” jelas Dante dalam acara ‘Inovasi Indonesia untuk Indonesia Pulih Pasca Pandemi’, Selasa(02/03/2021).

Tercatat dua kasus pasien yang terjangkit dari virus varian B117 asal Inggris tadi malam, Senin (01/02/2021) di Indonesia.

“Ini fresh from the oven baru tadi malam ditemukan dua kasus,” lanjutnya.

Dante menyebut masuknya mutasi ini menjadi tantangan masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19 di Indonesia yang semakin berat.

“Mudah-mudahan kolaborasi yang kita kerjakan dari masyarakat, Kementerian Kesehatan dan Kemenristek/BRIN itu akan membuat hal positif yang akan membuat kita keluar dari pandemi ini,” ujarnya.

 

1. Ditemukan pada September 2020

Dilansir dari Detikhealth, mutasi virus B117 ditemukan di Inggris pada September 2020 lalu. Penularannya lebih cepat daripada virus pada umumnya.

Virus ini menyumbang 60 persen kasus positif aktif COVID-19 di Inggris dari September hingga Desember 2020.


2. Dikhawatirkan vaksin ‘tidak mempan’

Ditakutkan gejala yang muncul lebih berat sehingga ada kemungkinan vaksin COVID-19 tidak cukup kuat untuk melawan jenis virus ini.

Namun, belum ada bukti akurat mampukan vaksin COVID-19 melawan B118, Harus ada penelitian lebih lanjut apakah jenis virus ini berisiko menyebabkan kematian.


3. Diprediksi lebih menular

Sejumlah peneliti menyebut, jenis virus Corona ini sekitar 40 hingga 70 persen lebih infeksius atau menular daripada variasi virus lain.
 

Baca juga: Tepat Satu Tahun, Begini Kilas Balik Kemunculan COVID-19 di Indonesia