Yuk, Intip Kemeriahan Indonesia Makin Cakap Digital 2022

Lifepod.id - Eureka dan Siberkreasi resmi menggelar Indonesia Makin Cakap Digital 2022. Beragam hiburan ditampilkan di Jakarta International Stadium (JIS). Yuk lihat kemeriahannya, GenLife!

Yuk, Intip Kemeriahan Indonesia Makin Cakap Digital 2022
Event talkshow literasi digital dalam "Indonesia Makin Cakap Digital" 2022 di Jakarta International Stadium Jakarta Utara, Sabtu (27/8). (Lifepod Media/Yunita Dwi)
Yuk, Intip Kemeriahan Indonesia Makin Cakap Digital 2022
Yuk, Intip Kemeriahan Indonesia Makin Cakap Digital 2022
Yuk, Intip Kemeriahan Indonesia Makin Cakap Digital 2022
Yuk, Intip Kemeriahan Indonesia Makin Cakap Digital 2022
Yuk, Intip Kemeriahan Indonesia Makin Cakap Digital 2022

"Indonesia Makin Cakap Digital" dihadiri oleh 50.000 lebih pengunjung yang hadir. Dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta dan Opening Speech oleh A. C. Mahendra K. Datu selaku Direktur Eureka Edutech juga sambutan kedua oleh Ketua Siberkreasi.

“Literasi digital itu tidak harus selalu serius lewat webinar, bisa juga kemasannya seperti ini. Ada hiburan dengan konser musik serta hadiah-hadiah, juga di dalamnya kita sambil belajar mengenai kecakapan digital. Ini semua menyenangkan selain terhibur kita bisa punya bekal untuk memiliki kecakapan digital,” ucap Ketua Siberkreasi, Yosi Mokalu dalam opening speech “Indonesia Makin Cakap Digital 2022” di JIS Jakarta Utara, Sabtu.

Ketua Gerakan Literasi Digital Nasional (GDLN) Siberkreasi Yosi Mokalu saat opening speech “Indonesia Makin Cakap Digital” 2022 di Jakarta International Stadium Jakarta Utara, Sabtu (27/08). (Lifepod Media/Yunita Dwi)

Kegiatan Literasi Digital ini diselenggarkan secara hybrid dengan menghadirkan berbagai narasumber yang ahli di bidangnya, yakni Onno W. Purbo pakar tekologi yang telah meraih berbagai penghargaan dunia. Selanjutnya ada Andi Nadia Aisyah seorang konten kreator, Dims The Meat Guy youtuber dan food blogger. Kegiatan ini juga dilaksanakan secara online melalui zoom meeting dengan target 30 ribu peserta.

Rangkaian acara talkshow literasi digital ini digelar dengan dua tema, yang pertama “Berkreasi Menarik dan Inovatif di Era Digital”. Talkshow kedua bertema “Personal Branding di Era Digital” di media sosial yang diisi oleh Merry Riana seorang motivator dan entrepreneur, Bella Panggabean sinematografer yang telah banyak terlibat dalam berbagai film dan iklan serta Influencer Okky Alparessi.

Konser Musik special performance JKT48 event “Indonesia Makin Cakap Digital” 2022 di Jakarta International Stadium Jakarta Utara, Sabtu (27/08). (Lifepod Media/Yunita Dwi)

Penonton tampak antusias menyaksikan konser musik dari special performer band Maliq & d’essentials serta girlband JKT48. Selain itu juga dimeriahkan dengan hiburan stand up comedy Bonar Manalu serta performance DJ Tama dan rangkaian acara ditutup dengan pengundian hadiah doorprize. Gimana GenLife, seru kan ?

Kegiatan literasi digital yang didukung oleh Kominfo ini dihadirkan sebagai upaya untuk mendorong masyarakat menggunakan internet dan platform digital secara cerdas, positif, kreatif dan produktif. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif terlebih untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah masyarakat terkena dampak negatif penggunaan internet.

Beberapa poin yang ditegaskan dari para kontent kreator untuk membuat content berkreatif menarik dan inovatif digital ada 4 pilar literasi, yaitu Interaksi, Partisipasi, Kolabrasi, Kontrol diri dalam menggunakan sosial media. Yuk! mari lebih pintar lagi dalam ruang digital.

Reporter: Yunita Dwi

 

Baca Juga :