JIP Dukung Preservasi Warisan Budaya, Melalui Akselerasi informasi kepada Publik

lifepod.id - PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP), sebagai anak usaha dari PT Jakarta Propertindo (Perseroda)/ JAKPRO, memberikan dukungan dalam menjaga dan melestarikan budaya luhur Indonesia melalui akselerasi informasi publik. Dukungan ini disalurkan melalui digital signage yang dimiliki JIP pada kegiatan "Merayakan Gastronomi Indonesia," sebuah festival yang mengeksplorasi keragaman dan keunikan warisan gastronomi nusantara Indonesia di Taman Ismail Marzuki, Menteng, Jakarta Pusat, pada tanggal 2-11 Februari 2024.

JIP Dukung Preservasi Warisan Budaya, Melalui Akselerasi informasi kepada Publik
dok. JIP Jakpro

JIP Dukung Preservasi Warisan Budaya, Melalui Akselerasi informasi kepada Publik

Festival ini menampilkan hasil penelitian mendalam dari proyek Pusaka Rasa Nusantara dalam bentuk “museum” gastronomi Indonesia. Pengunjung akan disuguhkan beragam atraksi, antara lain upacara makan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, pameran foto, sesi diskusi dengan para ahli, serta demo memasak yang menampilkan para ahli yang menjaga budaya gastronomi dari berbagai daerah.

Festival ini merupakan inisiatif dari Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, didukung oleh Hibah Dana Duta Besar AS untuk Pelestarian Budaya atau U.S. Ambassadors Fund for Cultural Preservation (AFCP), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, JAKPRO, serta mitra lainnya. Acara ini menawarkan pengalaman budaya mendalam yang memadukan seni, tradisi, dan ilmu kuliner untuk mengapresiasi dan melestarikan kekayaan kuliner Indonesia.

Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa bisnis digital, JIP memiliki lebih dari 500 titik aset media Out of Home (OOH) yang tersebar di Mega LED Mercure, MRT Pillars, dan LED Kualanamu, RSUD DKI Jakarta serta berbagai lokasi strategis di DKI Jakarta. Dengan infrastruktur ini, JIP berharap dapat mengoptimalkan nilai kebermanfaatan media luar ruang untuk menyampaikan informasi dengan lebih baik kepada masyarakat.

Plt. Direktur Utama PT Jakarta Infrastruktur Propertindo, Ivan Cahya Permana, menyampaikan, "Kami berkomitmen untuk turut serta dalam menjaga dan melestarikan warisan budaya gastronomi Indonesia. Dukungan ini sejalan dengan visi dan misi perusahaan kami dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat melalui teknologi informasi" ujar Ivan.  

“Dengan lebih dari 500 titik aset media Out of Home (OOH) yang tersebar di Mega LED Mercure, MRT Pillars, dan LED Kualanamu, serta lokasi strategis di DKI Jakarta, kami berkomitmen untuk mengoptimalkan nilai kebermanfaatan penyebaran informasi melalui media luar ruang. Kami percaya bahwa teknologi informasi, khususnya media LED dan digital signage, dapat menjadi sarana efektif untuk mengakselerasi penyampaian informasi kepada publik. 

Pembina Yayasan Gastronomi Nusa Indonesia, Amanda Katili, menjelaskan bahwa budaya gastronomi Indonesia memiliki peran penting dalam kehidupan nasional, termasuk dalam menjaga lingkungan dan memahami kehidupan antropologi masyarakat. Ketua Tim Pusaka Rasa Nusantara, Meilati Batubara, berharap festival ini dapat memberikan visi baru dalam melestarikan dan merawat warisan budaya gastronomi Indonesia.

Irini Dewi Wanti, Direktur Pembinaan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, menambahkan, "Kami sangat mendukung kegiatan Perayaan Gastronomi Indonesia. Festival ini merupakan langkah maju yang signifikan dalam mengembangkan potensi gastronomi di seluruh Indonesia."

Irini Dewi Wanti, Direktur Pembinaan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, menambahkan, "Kami sangat mendukung kegiatan Perayaan Gastronomi Indonesia. Festival ini merupakan langkah maju yang signifikan dalam mengembangkan potensi gastronomi di seluruh Indonesia."

Rekomendasi bacaan lain: