Pentingnya Menggunakan Serum Wajah Menurut Dokter Kecantikan

Lifepod.id - Cairan serum dianggap lebih efektif dibandingkan krim wajah karena mengandung konsentrat bahan aktif yang lebih tinggi juga memiliki molekul bahan aktif yang lebih kecil dibandingkan produk perawatan kulit wajah lainnya.

Pentingnya Menggunakan Serum Wajah Menurut Dokter Kecantikan

 

Penuaan pada kulit dapat memicu timbulnya garis-garis halus, kerutan bahkan dan cara paling efektif untuk mengatasinya adalah dengan meningkatkan perawatan kulit.

Dokter kulit Niketa Sonvane mengatakan salah satu cara untuk mengatasi penuaan adalah dengan rutin menggunakan serum. Itulah salah satu alasan mengapa serum menjadi salah satu produk perawatan yang harus digunakan.

“Serum wajah adalah cairan ringan yang mengandung konsentrasi bahan aktif yang jauh lebih tinggi. Mereka juga mampu menembus lebih baik untuk mengirimkan bahan aktif jauh ke dalam kulit,” kata Niketa.

Berikut adalah beberapa manfaan dari penggunaan seurm wajah oleh Dokter Niketa:

1. Menjadikan Kulit Segar dan Bercahaya

Saat kurang tidur, kulit wajah akan terlihat lebih kusam dan lelah. Serum wajah dapat meningkatkan regenerasi dan perbaikan sel. Hal ini akan menjadikan kulit terlihat lebih bercahaya meskipun kamu kekurangan tidur.

2. Menjaga Kelembaban

Formula yang dikandung serum seperti hyaluronic acid dapat meningkatkan kadar air kulit sekaligus menjaga kulit agar tidak terhidrasi dan tampak sehat. 

3. Mengecilkan pori-pori

Pori-pori wajah yang besar sulit untuk dirawat namun karena konsistensi tipis dari serum wajah yang ringan, pori-pori bisa tetap bersih dan bebas minyak. Sehingga penggunaan serum secara rutin dapat meminimalkan tampilan pori dan menghaluskan tekstur kulit.

4. Menjadikan Kulit Lebih Halus

Karena molekulnya yang ringan, cairan serum dapat menembus jauh ke dalam pori-pori kulit. Hal ini akan menjadikan permukaan kulit terasa lebih lembut.

5. Mengurangi Garis Halus

Serum dengan bahan aktif Idebenone, CoQ10, retinol dan copper peptide akan membuat kulit tampak lebih muda serta mempercepat proses regenerasi.

 

Cara Memilih Serum Sesuai Jenis Kulit :

Kulit wajah kering - carilah serum wajah yang mengandung vitamin E, niacinamida, ceramida, dan asam glikolat. Kandungan tersebut dapat menutrisi dan menjaga kelembapan kulitmu.

Kulit dengan tanda-tanda penuaan - pilihlah serum wajah yang mengandung kombinasi vitamin C, vitamin E, dan asam ferulat. Vitamin C di dalam serum dianggap dapat mencegah flek hitam, memperbaiki kulit wajah akibat paparan sinar matahari, dan merangsang produksi kolagen. Cari pula serum wajah dengan kandungan asam kojic (yang membantu mencerahkan noda hitam di wajah dan asam glikolat yang berfungsi mencerahkan kulit dan mengurangi munculnya flek hitam akibat penuaan.  

Kulit berjerawat - Pilihlah serum dengan kandungan asam salisilat. Asam salisilat bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan mencegah pori-pori tersumbat yang dapat menyebabkan terbentuknya komedo dan jerawat.

 

Cara Menggunakan Serum:

Serum dapat digunakan saat pagi hari, malam hari atau keduanya. Untuk yang memiliki kulit kering, serum dapat diaplikasikan sebelum menggunakan pelembab saat pagi atau malam maupun keduanya. 

 

Baca juga: Sociolla Buka Toko Offline di 10 Lokasi Ini, Mana Saja?

Baca juga: Manfaat Pakai Tabir Surya dan Resiko Jika Tidak Memakainya