‘Penyalin Cahaya’ Borong 12 Piala di Festival Film Indonesia 2021

Lifepod.id - Film Penyalin Cahaya berhasil memboyong penghargaan tertinggi Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2021 sebagai Film Cerita Panjang Terbaik.

‘Penyalin Cahaya’ Borong 12 Piala di Festival Film Indonesia 2021
Sutradara film Penyalin Cahaya, Wregas Bhanuteja (kiri) dan penulis Henricus Pria (kanan) berpose usai meraih penghargaan Penulis Skenario Asli Terbaik dalam Festival Film Indonesia 2021 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (10/11/2021). Selain naskah skenario tertinggi terbaik, film Penyalin Cahaya juga memborong 11 kategori lainnya, termasuk kategori Film Panjang Terbaik FFI 2021. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp.

Film ini sudah mendapatkan sorotan dari para netizen, bahkan sebelum resmi tayang. Pasalnya, film karya sutradara Wregas Bhanuteja itu telah debut di festival film bergengsi internasional.

Bercerita tentang ketidakadilan korban kekerasan seksual

Penyalin Cahaya menceritakan soal Sur (Shenina Cinnamon) yang kehilangan beasiswanya karena dianggap mencemarkan nama baik fakultas usai swafoto dirinya saat mabuk tersebar. Dengan bantuan Amin, teman masa kecilnya yang bekerja sebagai petugas fotokopi di kampus, Sur bertekad mengungkap kebenaran.

image : thumb.zigi.id

Sebelumnya, sutradara Wregas Bhanuteja mendedikasikan film Penyalin Cahaya sebagai media untuk menyuarakan isu kekerasan seksual yang selama ini ditutup-tutupi banyak masyarakat Indonesia.

Menurutnya, film merupakan media komunikasi yang paling efisien untuk menyuarakan sebuah kegelisahaan yang sedang terjadi di masyarakat, termasuk isu kekerasan seksual yang menjadi tema dalam Film Penyalin Cahaya.

Netflix baru saja mengumumkan lewat akun Instagram resminya bahwa film ini akan tayang di platform streaming-nya mulai 13 Januari 2022.

12 Piala yang diborong ‘Penyalin Cahaya’ di FFI 2021

Festival Film Indonesia (FFI) 2021 berhasil diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, tepat pada Hari Pahlawan kemarin malam.

image : infopublik.id

Film ini pun berhasil merajai 12 dari 17 nominasi yang mereka terima.Berikut 12 nominasi yang dimenangi film Penyalin Cahaya.

  1. Penata Busana Terbaik diraih oleh Fadillah Putri Yunindar
  2. Pemeran Pendukung Pria Terbaik diraih oleh Jerome Kurnia 
  3. Penyunting Gambar Terbaik diraih oleh Ahmad Yuniardi
  4. Penata musik terbaik diboyong oleh Yennu Ariendra
  5. Pencipta Lagu Thema Terbaik diraih oleh Milan Tiara
  6. Penata Suara Terbaik diraih Sutrisno dan Satrio Budiono
  7. Pengarah Artistik Terbaik dimenagkan oleh Dita Gambiro
  8. Pengarah Sinematografi Terbaik diraih oleh Gunnar Nimpuni
  9. Penulis Skenario Asli Terbaik dimenangkan oleh Henricus Pria dan Wregas Bhanuteja
  10. Pemeran Pria Terbaik dimenangkan oleh Chicco Kurniawan
  11. Sutradara Terbaik diraih oleh Wregas Bhanuteja
  12. Film Cerita Panjang Terbaik di FFI 2021

Dalam penghargaan tertinggi ‘Film Cerita Panjang Terbaik,’ mereka berhasil mengalahkan ‘Ali & Ratu-Ratu Queens‘, ‘Bidadari Mencari Sayap‘, ‘Cinta Bete‘, ‘Paranoia‘, ‘Preman‘, dan ‘Yuni‘.

Baca Juga :