Tips Sukses Shealey, Freelancer Berpenghasilan Rp 5,2 M

Lifepod.id - Ditengah masa pandemi seperti saat ini bekerja menjadi seorang Freelance merupakan salah satu alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Tips Sukses Shealey, Freelancer Berpenghasilan Rp 5,2 M

Dengan memilih untuk memiliki pekerjaan freelance, ini berarti kamu dituntut untuk mampu membagi waktu dan tetap fokus dengan pekerjaan utamamu. Jennifer Shealey seorang pekerja di Amerika Serikat yang memiliki dua pekerjaan paruh waktu (part time) untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Shealey juga bekerja sebagai freelancer dengan menawarkan layanan pemasaran digital Fiverr, sebuah marketplace yang menyediakan jasa freelance. Dari pekerjaannya di Fiverr Shealey mengaku jika ia mendapatkan penghasilan yang lebih banyak daripada dua pekerjaan lainnya. Ia telah bergabung di Fiverr sejak 2014 dan sudah mengumpulkan uang sebesar USD 366.000 setara dengan 5.2 miliar.

Nah berikut tips sukses menjadi freelancer ala Shealey :

  1. Temukan yang disukai dan Segera Mulai
    Sebelum menjadi pekerja sampingan, Shealey bekerja dengan menjalani pekerjaan yang tidak ia sukai. Dari pengalamannya itu Shealey sadar bahwa ia harus segera menemukan passionnya dan jangan terlalu memikirkan hal lainnya.
    "Saya pikir itulah yang menghambat seseorang, terutama karena kita terus-menerus menggunakan media sosial dan mencari kesempurnaan. Anda tidak membutuhkan kesempurnaan. Anda hanya butuh hati dan visi," jelas Shealey.
  2. Pertimbangkan Platform untuk Freelance
    Platform freelance seperti Fiverr atau Upwork bisa kamu jadikan pilihan untuk menemukan pelanggan dan mulai membangun bisnis.
    Richard Lambert menghasilkan jutaan dollar di Fiverr Pada 2014 juga beralih platform freelance meskipun sudah memiliki koneksi pelanggan dari pekerjaan utamanya sebagai guru.
    "Saat bekerja sendiri, Anda menyadari betapa sulitnya membangun bisnis."
  3. Konsisten Waktu
    Setelah membagi jadwal, kamu harus mematuhinya. Ini tentu sulit bagi seorang pekerja penuh waktu untuk membagi jadwalnya dengan pekerjaan sampingan. Tapi dimana ada niat maka disitu ada jalan.
    "Saya berkorban agar tidak pergi ke pesta. Saya mengatakan tidak untuk banyak hal karena ingin fokus pada Fiverr."
    Konsistensi yang dimiliki Shealey dan Lambert berhasil menumbuhkan jumlah pelanggan dan menghasilkan pendapatan besar.
  4. Fleksibel Harga & Sabar
    Saat masih awal merintis kamu bisa memberikan harga standard untuk klienmu, namun saat bisnismu sudah tumbuh dan dikenal kamu bisa kembali menyesuaikan harga dengan menaikkannya secara perlahan. Hal ini seperti yang dilakukan oleh Shealey, awal saat ia menawarkan layanan pemasaran di Fiverr, Shealey hanya mematok harga USD 5 (Rp. 71.000) untuk mendesain iklan facebook.
    Seiring dengan waktu ia menaikkan harga jasa yang ia tawarkan. Saat ini mematok harga jasa antara USD 20 (Rp284.000) hingga USD 125 (Rp 1,7 Juta) tergantung pada jenis dan berapa banyak pekerjaan yang dilakukan.
    Kesabaran sangat diperlukan untuk mencapai kesuksesan. "Saya tidak akan menyerah begitu saja. Saya tidak melihat keuntungan besar dalam tiga tahun pertama dan sibuk bekerja paruh waktu, tetapi saya tidak akan berkecil hati."
     

Baca Juga : 

Baca Juga :