Visinema Rilis Series Edutainment ‘DOMIKADO’ Hari Ini di Youtube

Lifepod.id - Visinema menghadirkan ‘DOMIKADO’, program serial edutainment terbaru untuk anak dan keluarga, karya dari Anggia Kharisma dan Ryan Adriandhy.

Visinema Rilis Series Edutainment ‘DOMIKADO’ Hari Ini di Youtube
Press Conference “Domikado” bersama kreator Anggia Kharisma, Ryan Adriandhy dan para karakter di kantor Visinema, Jakarta Selatan, Jumat (16/12/2022) (Lifepod Media/Yunita Dwi)
Visinema Rilis Series Edutainment ‘DOMIKADO’ Hari Ini di Youtube
Visinema Rilis Series Edutainment ‘DOMIKADO’ Hari Ini di Youtube

DOMIKADO merupakan program edutainment dengan konsep puppet show yang menggabungkan edukasi dan hiburan untuk membantu membangun kreativitas anak-anak melalui tontonan seru yang tidak hanya menghibur, menyenangkan, tetapi juga interaktif. DOMIKADO dapat mengisi ruang diskusi yang bermanfaat untuk anak-anak bersama keluarga.

Ada enam karakter di DOMIKADO yang memiliki sifat berbeda-beda dan mewakili keberagaman untuk menyampaikan pesan-pesan baik. Mereka bersahabat, bermain, dan belajar bersama di Taman Domikado. Mereka adalah Astrobek, Bea, Beo, Cis-Cis, Cricket, dan Odi si Awam baik hati yang menjadi narator di setiap episodenya. Suara Odi diisi oleh Putri Sa’ud, voice actor berbakat.

Image: karakter 'DOMIKADO'. (Lifepod Media/Yunita Dwi)

DOMIKADO lahir dari keresahan para kreatornya atas minimnya konten yang edukatif dan ramah untuk anak dan keluarga Indonesia. Setelah merilis episode perdananya, kedua kreator Anggia Kharisma dan Ryan Adriandhy menyampaikan pemikiran di balik pembuatan DOMIKADO.

“Sebagai orang tua saya selalu ingin bisa memberikan tontonan edukasi yang bermanfaat juga menghibur kepada anak saya. Minimnya tontonan yang ramah untuk anak dan keluarga menjadi kegelisahan saya dan membuat kami menghadirkan program edutainment DOMIKADO. Inilah bentuk komitmen Visinema untuk berkontribusi memajukan dunia pendidikan dan hiburan untuk anak dan keluarga Indonesia.” papar Anggia Kharisma, kreator DOMIKADO sekaligus Chief Content Officer Visinema Studios, Jakarta Selatan, Jumat (16/12/2022). 

Image: Ryan Adriandhy dan Anggia Kharisma, Kreator DOMIKADO (Lifepod Media/Yunita Dwi)

Anggia percaya salah satu cara bonding dengan anak adalah lewat konten baik yang bisa dinikmati bersama anak dan keluarga, apalagi bisa menjadi aktivitas bersama secara rutin atau di akhir pekan. Harapannya, DOMIKADO akan memiliki relevansi terhadap kebutuhan pengajaran dasar anak untuk meningkatkan kemampuan kognitif, membangun pemikiran yang kritis, kreatif, dan membangun empati.

Ryan Adriandhy, kreator sekaligus desainer karakter DOMIKADO menambahkan, “Edutainment adalah penggabungan education (pendidikan) dan entertainment (hiburan).” 

“Edukasi adalah ‘apa’ yang mau disampaikan lewat DOMIKADO, Menghibur adalah ‘bagaimana’ konten edukasi itu kami coba sampaikan. Banyak konten anak di Indonesia yang sering kurang seimbang dalam menggabungkan keduanya.Terkadang terlalu mendidik tapi lupa menghibur, atau sebaliknya terlalu fokus di hiburan, bobot edukasinya terlupakan.

Lewat DOMIKADO, kami mencoba mencari titik imbang di antara keduanya dengan cara mengembangkan ide kreatif sambil berdiskusi dengan tim kurikulum khusus. Tujuannya agar sisi edukasinya dapat disesuaikan dengan tumbuh kembang. Di bagian entertainment-nya, kami variasikan banyak teknik kreatif seperti animasi, puppeteering, bintang tamu, musik, dan grafis visual yang menarik,” kata Ryan.

Selain 6 karakter utama, DOMIKADO season pertama ini menghadirkan beberapa bintang tamu. Di antaranya ada Ringgo Agus, Rachel Amanda, Najeela Shihab, Quinn Salman, Kristo Immanuel, Chef Jenny dan Dokter Ferdiriva.

DOMIKADO diharapkan bukan sekadar menjadi tontonan tetapi juga menjadi ikon baru untuk anak-anak dan keluarga Indonesia.

DOMIKADO akan tayang rutin setiap Jumat jam 16.00 WIB mulai hari ini, Jumat (16/12/2022).

DOMIKADO season pertama terdiri dari 24 episode. Episode pertama yang tayang hari ini, berjudul ‘Tangga Lagu’. Keseruan Astrobek cs bisa disaksikan secara gratis di kanal Youtube DOMIKADO_ID. 

Baca Berita dan Artikel yang lain :