5 Tanda-tanda yang Mengharuskan Kamu untuk Pergi ke Psikolog

Lifepod.id - Jika kamu merasakan beberapa masalah yang bisa membuatmu merasa sangat tertekan, jangan pernah ragu untuk periksakan kesehatan mental kamu ke psikolog atau psikiater.

5 Tanda-tanda yang Mengharuskan Kamu untuk Pergi ke Psikolog
Dr Prakriti Poddar says that the Mental Health Act is mandatory.

 

Kehidupan yang dialami manusia tidaklah mudah. Setiap hari selalu ada saja masalah yang harus dihadapi. Terkadang ada beberapa orang yang tidak bisa mengatasi masalahnya sendiri sehingga menjadi stress atau tekanan tersendiri. Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik, jadi menjaga kesehatan mental diri sendiri juga perlu diperhatikan.

Sebagian orang masih berpikir negatif tentang kesehatan mental. Masih terdapat pandangan keliru dalam masyarakat yang beranggapan hanya orang gila saja yang pergi ke psikolog. Padahal tidak perlu merasa malu jika kamu harus memeriksakan diri ke psikolog.

Terkadang seseorang membutuhkan konsultasi psikolog jika mengalami masalah yang cukup berat, apalagi ketika sedang dalam depresi. Maka saat itulah kamu membutuhkan bantuan dari profesional.

Apa saja sih tanda-tanda kalau kamu butuh konsultasi ke psikolog? Yuk simak artikel berikut!

 

1. Merasa Cemas Terus Menerus

Saat kamu menghadapi sesuatu masalah yang cukup menegangkan, saat itu saja pasti kamu merasa sangat gugup dan mengalami  gangguan kecemasan yang hebat. Gangguan kecemasan biasanya ditandai dengan badan gemetar, sesak napas, jantung berdebar, sulit tidur, mudah lelah, tubuh berkeringat, merasa mual, pusing, dan lain-lain.

Ketika kamu merasakan tanda-tanda seperti itu artinya kamu perlu mengunjungi psikolog. Seorang psikolog, Mary Alvord, mengatakan kecemasan yang sangat intens dapat mengganggu kehidupan sehari-hari dan menyebabkan serangan panik.

 

2. Mood yang berubah ekstrem

Perubahan mood yang sangat ekstrem dan tanpa alasan jelas, seperti suasana hati yang naik turun, bergantian antara perasaan bahagia ke perasaan marah, tersinggung, dan depresi dalam waktu yang singkat.

Jika kamu mengalami ini, jangan ragu untuk segera mendiskusikannya dengan seorang profesional. Jangan dibiarkan terlalu lama karena ini bisa memicu masalah psikologis lainnya seperti bipolar.

 

3. Mengalami rasa sakit fisik yang sulit dijelaskan

Stress tidak hanya berdampak pada kesehatan mental tapi juga secara fisik, seperti merasa pusing, mual, sakit perut atau terjadi peningkatan tekanan darah rendah. Peneliti mengungkapkan sakit fisik yang tidak bisa dijelaskan adalah manifestasi dari kondisi psikologis kita.

 

4. Susah tidur atau tidur terlalu lama

Tanda lainnya adalah mengalami sulit tidur atau malah tidur terlalu lama. Menurut penelitian, sulit tidur merupakan salah satu tanda gangguan kecemasan sedangkan tidur terlalu lama maka ini adalah tanda dari depresi.

 

5. Sedih yang berkepanjangan

Menurut Caroline Vaile Wright, Ph.D dari American Psychological Association dan Mark Olfson, M.D., profesor dari departemen psikiatri di Columbia University, jika kamu tidak bisa keluar dari kesedihan selama 2 minggu atau lebih, Ini adalah kondisi di luar kesedihan normal dan kamu harus memeriksakannya ke profesional.

Sedih dan senang selalu bergantian datang ke kehidupan kita. Jika kamu merasakan sedih yang berkepanjangan, hal ini bisa jadi masalah yang kamu hadapin sangat berat dan menggangu kehidupan sehari-hari.

 

Itulah beberapa tanda-tanda bahwa kamu perlu segera pergi ke psikolog. Bila ada hal yang menggangu pikiran dan perasaanmu, jangan pernah ragu berbicara ke psikolog untuk mendapatkan bantuan ahli, ya!

 

Baca juga: Tips & Trick Ingin Harimu Lebih Produktif? Lakukan 5 Langkah Berikut di Pagi Hari!