Akhirnya bZ4X Resmi Diluncurkan, Mobil Listrik Pertama Toyota di Indonesia

Lifepod.id - Toyota bZ4X akhirnya resmi diluncurkan PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk pasar otomotif Tanah Air, Kamis (10/11/2022).

Akhirnya bZ4X Resmi Diluncurkan, Mobil Listrik Pertama Toyota di Indonesia

 Toyota Astra Motor akhirnya bermain juga disegmen mobil listrik murni. Setelah sebelumnya hanya memajang-majang mobil listriknya, kali ini Toyota bZ4X resmi diluncurkan.

Bergenre SUV kompak, bZ4X dianggap pas untuk masyarakat Indonesia yang penasaran dengan mobil listrik. Apalagi dengan nama besar Toyota, seharusnya mobil ini layak untuk dipertimbangkan.

Mulai dari wajahnya yang minimalis, dengan sepasang lampu utama dan DRL yang tipis, grill polos tanpa kisi-kisi udara serta bumper yang sporty dan berkesan tangguh.

Rancangan layout setir dan MID dikhususkan agar pengemudi tetap fokus selama berkendara. Kemudian di bagian tengah, tersedia layar sentuh berukuran 12 inci yang berisi sejumlah informasi dan pengoperasian fitur, serta ada fitur canggih lainnya, ada Advance Park (autonomous parking).

Toyota bZ4X menggunakan platform e-TNGA alias electric Toyota New Global Architecture. Mobil listrik ini juga dikembangkan hasil kolaborasi Toyota dengan Subaru, seperti halnya Toyota 86 dan Subaru BRZ.

Huruf bZ dari penamaannya yang aneh tersebut berupakan singkatan dari “Beyond Zero” yang nantinya akan menjadi tagline mobil-mobil listrik Toyota di masa depan.

Dirancang sebagai sebuah SUV, Toyota bZ4X bakal tetap mengusung kemampuan offroad namun dengan meracik pusat grafitasi serendah mungkin.

Secara dimensi, panjangnya 4.690 mm, lebar 1.860 mm dan tinggi 1.650 mm dengan panjang wheelbase 2.850 mm dan ground clearence 180 mm dengan berat kotor sekitar 2,1 ton.

Toyota membekali bZ4X dengan baterai lithium-ion 355 volt dengan kapasitas 71,4 kWh, yang bisa melajukan mobil sejauh 500 km untuk versi penggerak roda depan (FWD).

Toyota bZ4X pun punya output tenaga sebesar 204 hp dan torsinya 266 Nm.

Sementara fitur-fitur lain, akan tersedia panoramic sunroof juga layar sentuh dengan koneksi smartphone, juga sistem navigasi cloud yang bisa memberikan informasi lalu lintas dan ketersediaan ruang parkir.

Hanya tersedia 1 tipe Panoramic Roof FWD. Untuk harganya sendiri, Rp1,190 miliar on the road Jakarta. Sebuah harga yang ternyata fantastis. Bagaimana menurut kalian?

Sumber : [1][2]

 

Cek Berita dan Artikel yang lain :