Cara Iklan di TikTok Shop, Strategi Jitu Meningkatkan Penjualan

Lifepod.id - TikTok menjadi media sosial yang populer untuk membagikan konten video. Namun jangan salah, Anda dapat meningkatkan penjualan bisnis melalui aplikasi TikTok. TikTok memiliki jumlah pengguna aktif sekitar 500 juta pengguna, Indonesia menjadi negara dengan pengunduh TikTok terbanyak di dunia.

Cara Iklan di TikTok Shop, Strategi Jitu Meningkatkan Penjualan

TikTok Shop kini menjadi platform jual beli online yang banyak diminati oleh masyarakat. Kehadiran TikTok Shop bahkan disebut mulai menyaingi marketplace terdahulu, seperti Shopee, Tokopedia, dan lainnya. 

Tingkat pembelian di Tiktok Shop terbukti cukup tinggi pada berbagai jenis produk atau barang. Namun di sisi lain, persaingan kompetitor antara seller  juga semakin ketat. Kondisi ini memaksa setiap seller harus menerapkan strategi iklan yang menarik dan jitu untuk menggaet costumer. 

Namun masih banyak seller-seller pemula yang belum tahu cara beriklan di TikTok Shop. Jika hanya berjualan saja tanpa adanya strategi promosi maka bisnis atau brand anda akan kalah saing dari kompetitor. Oleh karena itu, seller wajib paham cara promosi di TikTok Shop untuk meningkatkan penjualan.

Cara Beriklan di TikTok Shop

Ada dua cara untuk beriklan di TikTok Shop, yaitu dengan cara organik dan non-organik atau insAtan. Promosi secara organik dilakukan dengan metode manual atau tanpa bantuan mesin pengiklan yang disediakan oleh TikTok. 

Sementara promosi non-organik dilakukan dengan memanfaatkan jasa penyedia iklan dari platform, yaitu TikTok Ads. TikTok Ads disebut sebagai cara iklan yang instan karena seller tinggal membayar dan iklan dilakukan oleh platform. Sedangkan iklan manual harus dilakukan secara mandiri oleh seller, mulai dari merancang strategi, riset, hingga menjalankan promosinya. 

Cara Iklan Organik di TikTok

Berikut beberapa cara iklan organik yang bisa anda lakukan di TikTok. Iklan organik yang tepat dan menarik terbukti dapat menarik audiens mengenali dan menyukai produk anda, hingga melakukan aktivitas pembelian. 

Berikut tips melakukan promosi secara organik di TikTok:

  • Membuat konten promosi yang berkualitas
  • Bergabung dengan TikTok Shop Affiliate
  • Bekerja Sama dengan Influencer
  • Memanfaatkan Fitur Stitch

Setiap metode iklan memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Namun promosi yang baik adalah ketika seller bisa menggunakan kedua cara tersebut, yaitu iklan non-organik dan organik. 

Cara Beriklan TikTok Ads

TikTok Ads adalah perangkat yang menyediakan fitur periklanan, yang meliputi creation, targeting, insight report, dan ad management. Fitur ini disediakan bagi para seller yang membutuhkan bantuan pengiklanan produk atau brand bisnisnya. 

Fitur atau tools ini akan membantu sebuah akun bisnis untuk menjangkau jutaan pengguna di TikTok. Tools ini bekerja dengan sistem algoritma, sehingga bisa menyesuaikan penyebaran iklan kepada target market atau user yang antusias dengan produk tersebut. 

Cara Memasang TikTok Ads

Untuk bisa beriklan menggunakan TikTok Ads, anda perlu membuat akunnya terlebih dahulu. Silakan mengujungi laman TikTok ads, lalu klik ‘Create an Ad Button’ untuk melakukan pendaftaran. 

Setelah memiliki akun, anda perlu membuat campaign TikTok ads. Tentukan tujuan campaign anda, dengan memilih dari tiga opsi yang tersedia, yaitu traffic, conversions, dan app install.

Selanjutnya, Anda perlu menetapkan penempatan TikTok ads, detail, dan target. Langkah ini diperlukan untuk menempatkan iklan sesuai dengan target pasar bisnis anda. Jadi pastikan anda menentukan penempatan dengan tepat agar iklan bisa menjangkau pasar yang segmented dan lebih luas. 

Setelah itu, tentukan juga anggaran dan jadwal iklan. Tetapkan kapan kamu ingin menjalankan iklan dalam satu hari atau minggu. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu untuk melihat di waktu kapan audiens banyak beraktivitas di TikTok. Dengan waktu yang tepat, iklan anda bisa mendapat reach yang maksimal. 

Pilihan Jenis Iklan di TikTok Ads

Ada beberapa opsi iklan yang bisa anda pilih untuk mempromosikan produk anda. Berikut daftar jenis iklan yang disediakan oleh TikTok.

In-Feed Video

In-Feed Video merupakan jenis iklan yang paling banyak digunakan oleh seller karena tarifnya lebih terjangkau. Penempatan iklan ini berada di bagian bawah video TikTok. 

Brand Takeover

Brand Takeover adalah bentuk iklan yang menampilkan promosi secara layar penuh. Video iklan akan tampil dalam beberapa detik ketika membuka aplikasi, kemudia akan hilang dan berubah menjadi In-Feed video.

Hastag Challenge

Iklan ini ditampilkan di halaman discovery. Iklan ini bertujuan mengajak user di TikTok untuk berpartisipasi dalam penggunaan hastag tersebut. 

Brande AR Content

Iklan ini berbentuk filter atau stiker 2D/3D/AR dengan nama brand bisnis anda sendiri. 

Tips Beriklan di TikTok Ads

Ada beberapa tips untuk membuat iklan anda lebih menarik respon audiens dan menjangkau lebih banyak target market. Ikuti cara-cara berikut ini:

  • Membuat video vertikal
  • Buat pembukaan video dengan hook yang persuasif
  • Mengikuti tren yang sedang populer
  • Memanfaatkan UGC (User Generated Content)

Itulah sejumlah cara iklan di TikTok bagi secara organik maupun non-organik. Strategi iklan yang ideal dilakukan dengan menggabungkan kedua metode tersebut, yaitu perlu menggunakan TikTok Ads dan juga memaksimalkan promosi manual. 

Sumber : [1][2]




Cek Berita dan Artikel yang lain :