Cara TikTok Sambut HUT ke-77 RI

Lifepod.id - TikTok mengajak pengguna merayakan Hari Kemerdekaan RI dengan mengikuti program #SerunyaIndonesia, yakni dengan menampilkan berbagai konten bernuansa persatuan dan keragaman bangsa.

Cara TikTok Sambut HUT ke-77 RI

GenLife, TikTok mengajak pengguna merayakan Hari Kemerdekaan RI dengan mengikuti program #SerunyaIndonesia, yakni dengan menampilkan berbagai konten bernuansa persatuan dan keragaman bangsa.

"Kami melihat bagaimana masyarakat Indonesia saling menginspirasi lewat kreativitas tanpa batas untuk menunjukkan keseruan di Indonesia terlepas dari kondisi pandemi, mulai dari mencari hiburan, beradaptasi dan belajar hal baru, mendukung bisnis dan UMKM lokal, memberikan semangat kepada tim nasional, hingga mempromosikan destinasi pariwisata. Hal ini menginspirasi kampanye #SerunyaIndonesia agar kita bersama dapat pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat," kata Head of Operations TikTok Indonesia Mahwari Sadewa Jalutama dalam siaran persnya, Rabu, dikutip dari antaranews.com.

Sejak tanggal 6-21 Agustus 2022, TikTok mengajak pengguna merayakan #SerunyaIndonesia. Mulai dari sektor pariwisata, kuliner, seni, hingga pesta rakyat akan berlangsung berkelanjutan dengan jadwal sebagai berikut.

4 - 17 Agustus 2022: Jelajah #SerunyaIndonesia

Sebuah program eksplorasi 77 destinasi wisata di Indonesia yang ditayangkan livestream selama 77 jam di TikTok LIVE, bersama kreator TikTok, Canny Claudia (@cannyclau), Firly Adhyatma Rusli (@firlyafro), Melani Amelia (@namakuamel_racosta) dan Nanda Setya Pratama Juanda (@itingsmeledak).

Jelajah #SerunyaIndonesia didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan tiket.com, serta akan mengunjungi lima destinasi super prioritas pemerintah di dalam rutenya.

12 - 17 Agustus 2022: #SerunyaIndonesia On The Road

Program pemberdayaan komunitas yang akan dihadiri oleh berbagai kreator untuk merayakan HUT ke-77 RI.

Komunitas TikTok yang hadir akan mendapatkan pelatihan dan sesi berbagi bersama para kreator ternama dan menikmati keseruan turnamen permainan tradisional.

Acara ini akan berlangsung di tiga kota yaitu Surabaya, Bali, dan Medan.

11 - 21 Agustus 2022: TikTok Shop "For Your Fashion"

Program pameran yang berlangsung hibrid memamerkan fesyen lokal di Mal Kota Kasablanka Jakarta itu diharapkan bisa menjadi perwujudan dukungan dan upaya untuk terus memajukan UMKM lokal di bidang fesyen di Tanah Air.

Tersedia juga hashtag challenge #TikTokBanggaLokal di platform TikTok dengan hadiah dan fasilitas menarik yang dipersembahkan untuk para UMKM lokal.

12 Agustus 2022: Peluncuran #MajuBarengTikTok

Program pemberdayaan UMKM dari TikTok selama satu tahun untuk membantu meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam pemanfaatan teknologi digital guna mengembangkan kinerja bisnis.

Didukung oleh Kemenparekraf, peserta #MajuBarengTikTok akan mendapatkan pelatihan khusus untuk memanfaatkan layanan TikTok, di antaranya seperti fitur TikTok For Business, TikTok Shop, dan TikTok LIVE dengan lebih maksimal.

26 Agustus 2022: TikTok Local Beauty Brand Playbook

Peluncuran buku panduan untuk membantu memajukan jenama produk kecantikan lokal di Indonesia.

Buku ini akan berisikan lanskap industri kecantikan di Indonesia, kiat dan trik seputar konten kecantikan, serta kisah sukses jenama-jenama kecantikan lokal yang berhasil meningkatkan bisnisnya dan mampu bersaing dengan jenama internasional, memanfaatkan solusi bisnis dari TikTok For Business.

19 Agustus 2022: Festival #SerunyaIndonesia

Puncak kampanye #SerunyaIndonesia untuk merayakan persatuan di tengah keragaman yang ada di Tanah Air.

Festival lintas generasi penuh ragam ini akan diwarnai dengan penampilan langsung dari band legendaris Slank, aksi lukis mobil oleh kreator Alicia Eva, peragaan busana persembahan desainer Christie Basil yang akan menggandeng 77 kreator TikTok sebagai model.

Akan ada juga turnamen #SerunyaIndonesia dengan permainan tradisional dan pertandingan olahraga bersama kreator, dan berbagai keseruan lainnya.

"Kampanye #SerunyaIndonesia menggambarkan semangat yang ada di platform TikTok, di mana komunitas TikTok, termasuk UMKM dan brand, saling bersatu dan menciptakan keseruan bersama di tengah kondisi apa pun. Festival #SerunyaIndonesia sebagai puncak acara perayaan HUT RI ke-77 akan menjadi bentuk kolaborasi dari komunitas TikTok untuk merayakan keragaman budaya dalam balutan kreativitas anak bangsa sebagai Indonesia satu," tutup Mahwari.

Memeriahkan kampanye itu, TikTok merilis sebuah lagu berjudul serupa yakni "Serunya Indonesia" yang dinyanyikan oleh para musisi berbakat, antara lain ABRAM, Tiffani Afifa, dan Pieter Anroputra.

Lagu "Serunya Indonesia" akan bisa dinikmati pada digital streaming platform (DSP) pada 12 Agustus 2022. 

Baca Juga :