Ini Daftar Tol Baru yang Siap Digunakan untuk Mudik Lebaran 2023

Lifepod.id - Sebagai persiapan Mudik Lebaran 2023, ada sederet jalan tol di Tanah Air yang sudah siap digunakan oleh para pemudik. Adapun daftar jalan tol baru untuk mudik 2023 yakni sebagai berikut.

Ini Daftar Tol Baru yang Siap Digunakan untuk Mudik Lebaran 2023

 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat kebut pembangunan jalan tol baru untuk mudik lebaran 2023. Sebanyak 16 jalan tol siap dioperasikan secara fungsional untuk memfasilitasi arus mudik dan arus balik. 

Hedi Rahadian, Dirjen Bina Marga Kementrian PUPR, menyampaikan ada penambahan ruas tol yang dioperasikan pada awal tahun 2023 sepanjang 20,89 km. Hedi juga mengatakan bahwa jalan tol yang siap dibuka pada saat lebaran nantinya pendek-pendek, namun perannya sangat penting untuk arus lalu lintas. 

“Jaringan jalan kita sekarang, kita rancang dari strategi jaringan backbone-nya jalan tol. Jadi kalau kita bangun jalan tol di mana-mana itu maksudnya untuk menekan travel time. Variablenya transport cost, jadi kalau waktu perjalanan lebih panjang pasti biaya transportasinya akan tambah mahal,” kata Dirjen Hedi Rahadian saat acara press conference di Kementerian PUPR, Rabu (8/2/2023).   

Hadirnya jalan tol baru ini menjadi kabar baik bagi para pemudik. Lantas mana saj jalan tol baru yang bakal bisa dilintasi para pemudik?

Jalan Tol Baru untuk Mudik lebaran 2023

Berikut daftar jalan tol baru yang siap beroperasi fungsional pada saat lebaran, dilansir dari laman bpjt.pu.go.id. 

1. Jalan Tol Serpong-Cinere

Seksi 2, Pamulang-Cinere: 3,64 km

2. Tol Cinere-Jagorawi

Seksi 3B, Krukut-Limo: 2,19 km

3. Tol Seprong-Balaraja

Seksi 1B, CBD-Legok: 5,40 km

4. Tol Jakarta-Cikampek II Selatan

Paket 3, Kutanegara-Sadang: 8,50 km

5. Tol Cibitung-Cilincing

Seksi 4, Taruma Jaya-Cilincing: 7,29 km

6. Tol Cimanggis-Cibitung

Seksi 2A, Jatikarya-Cikeas: 3,50 km

7. Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu)

Seksi 4A dan 4B, Cimalaka-Legok: 20 km

Seksi 5A-5B, Legok-Ujung Jaya: 14,90 km

Seksi 6A-6B, Ujung Jaya-Dawuan: 5,10 km

8. Tol Ciawi-Sukabumi

Seksi 2, Cigombong-Cibadak: 11,90 km

9. Tol Pasuruan-Probolinggo

Seksi 4A, Probolinggo Timur-IC Gending: 8,55 km

10. Tol Sigli-Banda Aceh

Seksi 5, Blang Bintang-Kuto Baro

Seksi 6, Kuto Baro-Baitussalam: 12,40 km

11. Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat

Seksi 1, Tebing Tinggi-Inderapura: 20,40 km

Seksi 2, Inderapura-Kuala Tanjung: 18,05 km

Seksi 3, Tebing Tinggi-Serbelawan: 30 km

Seksi 4, Serbelawan-Pematang Siantar: 28 km.

Ruas Jalan Tol Baru Dukung Kelancaran Lalu Lintas Pemudik Lebaran 2023

Ruas tol baru di Pulau Jawa dan Sumatera akan mendukung kelancaran lalu lintas pada saat lebaran. Adanya jalan tol baru dapat mempercepat waktu tempuh pemudik dan mengurangi kepadatan arus saat lebaran. Selain itu, pengoprasian jalan tol baru bisa meningkatkan konektivitas antar daerah dan mendorong perekonomian masyarakat. 

“Jaringan jalan kita sekarang, kita rancang dari strategi jaringan backbone-nya jalan tol. Jadi kalau kita bangun jalan tol di mana-mana itu maksudnya untuk menekan travel time. Variablenya transport cost, jadi kalau waktu perjalanan lebih panjang pasti biaya transportasinya akan tambah mahal,” kata Dirjen Hedi Rahadian.    

Selain sejumlah ruas tol di atas, sebagian jalan tol Solo-Jogja dikabarkan juga sudah bisa dilewati saat mudik lebaran. Jalan tol baru ini sangat memudahkan akses para pemudik dari daerah Jawa yang ingin pergi ke Yogyakarta. Namun jalan tol yang bisa dilalui baru sampai Kateguhan, Sawit, Boyolali, Jawa Tengah. 

Demikianlah ulasan mengenai jalan tol baru untuk mudik lebaran 2023 yang akan memudahkan lalu lintas jelang hari raya Idul Fitri maupun setelahnya. Saat ini Kementerian PUPR bersama Badan Usaha Jalan Tol terus menyelesaikan pembangunan tol tersebut. 

Sumber : [1][2]



Cek Berita dan Artikel yang lain :