Ini Rahasia Simpan Makanan Agar Tahan Lama Meski Ditinggal Mudik

Lifepod.id - Sebelum pergi mudik, kamu harus mempertimbangkan bahan makanan apa saja yang akan ditinggal agar tidak busuk dan rusak

Ini Rahasia Simpan Makanan Agar Tahan Lama Meski Ditinggal Mudik
Foto: Pixabay

Cuti lebaran yang ditetapkan pemerintah kurang lebih selama satu minggu, dari 19 April sampai 25 April 2023. Artinya kamu akan meninggalkan rumah sekaligus meninggalkan bahan makanan selama mudik lebaran.

Bahan makanan yang ditinggal mudik Lebaran selama beberapa hari bisa cepat basi dan rusak jika tidak disimpan dengan benar, oleh karena itu mulai dari jenis bahan hingga tempat untuk menyimpannya perlu menjadi pertimbangan.

Dikutip dari Titipku, berikut beberapa cara menyimpan bahan makanan agar awet saat ditinggal selama mudik lebaran:

1. Siapkan persediaan makanan yang cukup

Sebelum berangkat, pastikan persediaan makanan di rumah kamu cukup untuk beberapa hari pertama setelah pemudik kembali dari kampung halaman. Hal ini perlu dipertimbangkan karena biasanya pasar akan tutup saat dan setelah Idul Fitri.

Simpan saja bahan secukupnya yakni untuk sehari hingga dua hari agar makanan yang disimpan tidak berlebihan.

2. Pakai tempat penyimpanan yang kedap udara

Dalam menyimpan bahan makanan, pastikan menggunakan wadah yang kedap udara untuk menjaga agar makanan tetap segar lebih lama. 

Misalnya, gunakan kantong plastik yang dapat diikat erat atau kotak penyimpanan dengan tutup yang kedap udara. Menutup tempat penyimpanan dengan rapat juga menghindari bahan makanan dihinggapi lalat atau kutu.

3. Simpan di tempat yang sejuk dan kering

Simpan bahan makanan di tempat yang sejuk dan kering seperti kulkas atau lemari es. Pastikan suhu kulkas kamu diatur pada suhu yang tepat dan cukup dingin. Untuk bahan makanan yang tidak perlu disimpan di dalam kulkas, pastikan disimpan di tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung.

4. Bahan yang mudah rusak disimpan terpisah

Bahan makanan seperti sayuran dan buah-buahan cenderung cepat rusak jika disimpan bersama dengan bahan makanan lain. Pastikan untuk menyimpan bahan makanan yang mudah rusak seperti itu secara terpisah dalam wadah yang kedap udara juga.

5. Jangan simpan bahan makanan segar

Bahan makanan segar cenderung lebih cepat busuk daripada makanan beku atau makanan kaleng. Jadi, lebih disarankan untuk menyediakan makanan beku atau makanan kaleng sebagai persiapan makanan setelah mudik.

Sumber: [1]

Baca Berita dan Artikel yang lain :